Terdorong segmen ritel, Catur Sentosa Adiprana (CSAP) membukukan kinerja ciamik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) mencatatkan kinerja yang positif sejak Januari hingga September 2020. Pemilik gerai Mitra10 ini membukukan pertumbuhan baik dari sisi top line maupun bottom line

Mengutip laporan keuangannya, CSAP mengantongi penjualan bersih hingga Rp 8,69 triliun. Realisasi ini naik 3,82% secara year on year (yoy) dari sebelumnya Rp 8,37 triliun. Sedangkan laba bersih CSAP melesat 47,88% yoy menjadi Rp 60,63 miliar. 

Segmen distribusi masih menjadi penopang pendapatan hingga Rp 6,01 triliun. Jumlah ini meningkat 2,02% yoy dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, segmen retail naik lebih tinggi hingga 8,09% yoy menjadi Rp 2,82 triliun. Dengan catatan, angka-angka tersebut belum dikurangi dengan eliminasi. 


Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma mengatakan, kenaikan dari sisi ritel terdorong strategi agresif melalui ekspansi gerai Mitra10. 

Baca Juga: Perluas pasar, Catur Sentosa Adiprana (CSAP) buka gerai Mitra10 di Balikpapan

Adapun hingga tahun 2022 CSAP menargetkan akan memiliki 55 gerai Mitra10. Sejauh ini CSAP sudah memiliki 37 gerai Mitra10 yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar dan Balikpapan.

Idrus lebih lanjut menjelaskan, pada bulan Desember 2020 pihaknya berencana menambah satu gerai yang terletak di Malang. Jika rencananya berjalan lancar, maka Mitra10 Malang akan menjadi gerai ke-empat yang dibuka tahun ini. Asal tahu saja, tiap tahun CSAP berkomitmen menambahkan tiga hingga enam gerai baru. 

CSAP masih meyakini strategi ekspansi agresif ritel modern akan memberikan pertumbuhan bisnis berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham CSAP. Adapun CSAP menerapkan beberapa strategi untuk mempertahankan kinerja positif di tengah pandemi Covid-19. 

"Beberapa strategi yang ditempuh antara lain fokus pada merek sendiri, seperti private atau house brand untuk meningkatkan profitabilitas. Selain itu juga memperkuat dan monitoring strategi cost management," kata Idrus dalam konferensi pers GO Mitra10 Balikpapan yang digelar secara daring, Rabu (11/11).

Baca Juga: Di 2021, CSAP masih targetkan pembukaan gerai baru Mitra10

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati