Terima Pendanaan US$ 1 Juta, Kisai Entertainment Akan Kembangkan Produksi Webtoon



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kisai Entertainment, perusahaan produksi webtoon (komik digital) berbasis di Indonesia, mengumumkan telah menerima pendanaan sebesar US$ 1 juta di kuartal ke-IV tahun 2024.  

Pendanaan ini diperoleh dari dua investor strategis yakni Sorajima, perusahaan webtoon terkemuka dari Jepang, dan PT Anjary Jaya Raya, perusahaan kreatif lokal yang telah lama berkecimpung di industri hiburan Indonesia, khususnya sektor game. Sebelum investasi ini, Sorajima telah 2 tahun bermitra dengan Kisai untuk produksi berbagai judul webtoon populer.   

Tessa Yadawaputri, Founder & CEO Kisai Entertainment menjelaskan, dengan dukungan finansial tersebut, Kisai Entertainment berencana untuk memperluas jangkauan produksi kontennya dan mengembangkan produksi ke ranah karya webtoon orisinal. Konten ini diharapkan dapat dipasarkan secara global dan berkembang menjadi IP powerhouse terbesar di Asia Tenggara. 


Kisai Entertainment berkomitmen untuk memanfaatkan pendanaan ini guna mengembangkan dan meningkatkan kapasitas produksi konten dengan kualitas lebih baik, memproduksi konten original berkualitas tinggi, dan memperkuat tim kreatif.  

Baca Juga: Jadi Tulang Punggung Daihatsu, Sigra Catat Penjualan 129.848 unit Kuartal III 2024

Salah satu ekspansi awal yang akan dilakukan adalah menjalankan transformasi dari perusahaan yang berbasis jasa, menjadi perusahaan penerbit webtoon, komik, dan IP orisinal. 

Sebagai langkah konkret, dalam waktu dekat Kisai Entertainment akan mengumumkan beberapa program strategis yang terkait langsung dengan pengembangan talenta industri webtoon di Indonesia dan Asia Tenggara. Serta memulai perencanaan pengembangan IP webtoon original untuk dirilis di tahun 2025. 

Kemitraan bersama Sorajima juga akan merangkai kerja dan karya Jepang - Indonesia, sama-sama bercita-cita menghasilkan kisah yang mendunia dan lintas generasi. 

Ketiga perusahaan ini optimis bahwa langkah strategis ini akan memposisikan mereka sebagai salah satu pemimpin di industri konten digital di Indonesia dan Kawasan. Sekaligus membuka jalan bagi pertumbuhan industri komik nasional yang lebih pesat. 

“Sejak pertama kali terjun di industri webtoon, salah satu impian saya ingin membangun Kisai seperti studio Ghibli yang mampu melukiskan perjalanan karakter nan luar biasa penuh fantasi, dan memberi inspirasi bagi dunia,” ujar Tessa dalam keterangan pers, Jumat (11/10).  

Untuk diketahui, Kisai Entertainment telah berdiri sejak tahun 2017. Selama 7 tahun terakhir, Kisai telah bertransformasi menjadi perusahaan produksi webtoon dengan lebih dari 70 judul dan melibatkan lebih dari 300 talenta kreatif. 

Co-CEO Sorajima, Kojuro Hagihara mengaku antusias menjalani tantangan emas ini lewat kemitraan bersama Kisai Entertainment. “Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi bersama Tessa, semua orang di Kisai Entertainment, dan tentunya, talenta berbakat di Indonesia dan penjuru Asia Tenggara. Kami yakin akan Asean Power,” kata Kojuro.  

Direktur PT Anjary Jaya Raya Andrew Yap, menyampaikan, pihaknya mendukung bisnis lokal yang dapat dikenal tidak hanya di Indonesia, namun juga di pentas dunia. “Kami percaya, kolaborasi ini akan menarik banyak audiens baru untuk industri entertainment digital di Indonesia, dan mampu memantik kemajuan industri komik nasional,” ujar Andrew.

Baca Juga: Surya Pertiwi (SPTO) Menyerap Dana Capex Sebesar Rp 40 Miliar

Selanjutnya: Mengejar Target Pertumbuhan Ekonomi 8% Lewat Percepatan Transisi Energi

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati