Ternyata, Ada Kaitan Antara Menopause dengan Sakit Gigi lo



MOMSMONEY.ID - Ternyata, dokter gigi mengungkapkan, ada kaitan antara menopause dengan sakit gigi Anda.

Rasa panas, perubahan suasana hati, dan insomnia adalah gejala menopause yang paling terlihat.

Namun selain itu perubahan hormonal menopause juga bisa menimbulkan permasalahan sakit gigi, gusi, mulut dan lidah. Jadi, ada kaitan antara menopause dengan sakit gigi.


Melansir Woman and Home, dalam sebuah penelitian yang dilakukan Delta Dental menemukan, 84% perempuan yang mendekati masa menopause tidak tahu bawah perubahan hormonal bisa memengaruhi kesehatan mulut. 

Baca Juga: Daftar Obat Sakit Gigi Pereda Nyeri, Bisa Anda Coba Sebelum ke Dokter

"Masalah kesehatan mulut selama menopause sangat umum terjadi. Banyak pasien perempuan saya ingin melakukan perawatan gigi pada usia 45-55 tahun, saat perubahan paling signifikan terjadi pada gigi mereka," ungkap Sam Jethwa, dokter gigi dan Presiden British Academi of Cosmetic Dentistry

Ternyata, ada kaitan antara menopause dengan sakit gigi. Perubahan menjelang menopause antara lain adanya peningkatan sensitivitas gigi, kerusakan gigi, nyeri, dan peradangan gusi.

Selama menopause, kadar estrogen menurun secara alami dan karena hormon tersebut dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang. Hal ini dapat menyebabkan pengeroposan tulang di rahang. Serta bagian tubuh lainnya seperti tulang belakang dan pinggul.

Nah, pengeroposan tulang pada rahang meningkatkan risiko beberapa masalah gigi termasuk gigi tanggal dan timbulnya penyakit gusi. Itu kaitan antara menopause dengan sakit gigi.

Menopause juga bisa menyebabkan penurunan produksi air liur. Padahal, air liur sangat penting untuk membersihkan partikel makanan dan menetralkan asam.

Baca Juga: 4 Manfaat Makan Makanan Pedas bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Dokter Umum dan Spesialis Kesehatan Wanita Deepali Misra-Sharp mengatakan, tanpa air liur maka risiko kerusakan gigi akan meningkat

Perubahan hormonal juga membuat gusi lebih sensitif dan rentan bengkak yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan sakit gigi. 

Lalu, bagaimana cara mencegah sakit gigi saat menopause? Anda bisa mulai mengurangi konsumsi buah apel dan nanas, jus buah serta minuman bersoda. Selain itu, tingkatkan konsumsi vitamin D dan kalsium untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang. 

Jangan lupa juga untuk penuhi kecukupan cairan tubuh untuk menghindari mulut kering serta melakukan perawatan gigi rutin. 

Selanjutnya: Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok Calon Menteri Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta