Tertib protokol kesehatan, anak-anak harus gunakan masker



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Virus Covid-19 tidak memandang usia, dari anak-anak hingga dewasa tetap harus mematuhi protokol kesehatan khususnya menggunakan masker saat keluar rumah. 

Dalam situs resminya WHO mengatakan bahwa anak-anak harus mengikuti prinsip yang sama seperti orang dewasa dalam memakai masker.

Sebelum menggunakan masker harus  membersihkan tangan setidaknya 20 detik jika menggunakan antiseptik berbasis alkohol, atau setidaknya 40 detik jika menggunakan sabun dan air. Kemudian, pastikan ukuran masker tepat untuk menutupi hidung, mulut dan dagu. 

Lebih lanjut WHO menjelaskan anak-anak harus diajari cara memakai masker dengan benar, termasuk tidak menyentuh bagian depan masker dan tidak menariknya ke bawah dagu atau ke dalam mulutnya.

Baca Juga: Transaksi mesin EDC perbankan mulai pulih, ini pendorongnya

Mereka harus menyimpan masker di dalam tas atau wadah, dan tidak berbagi masker dengan orang lain.

Kusnadi Rusmil, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 yang juga sebagai  Guru Besar Kesehatan Anak Universitas Padjadjaran mengatakan saat ini banyak masker yang dijual di toko dan apotek khusus untuk anak. Adapun anak diharuskan memakai masker saat usia 4 tahun ke atas. 

"Masker yang digunakan tentunya dengan model yang khusus untuk anak dan mudah dikaitkan ke telinga," jelasnya kepada Kontan.co.id, Rabu (26/5). 

Kusnadi menjelaskan biasanya masker dengan kain yang dilapis. Menurutnya dirinya jarang memberikan masker medis. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi vitamin rambut yang berasal dari bahan alami

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli