Tesla Janjikan Robotaxi Berbayar Dirilis Tahun Depan



KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Tesla akan meluncurkan layanan pemesanan kendaraan tanpa pengemudi kepada publik di California dan Texas pada tahun depan.

Mengutip Reuters, Kamis (24/10), CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa pembuat kendaraan listrik tersebut akan meluncurkan layanan pemesanan kendaraan tanpa pengemudi kepada publik di California dan Texas tahun depan. Klaim ini kemungkinan akan menghadapi tantangan regulasi dan teknis yang signifikan.

"Kami pikir kami akan dapat memiliki Tesla tanpa pengemudi yang melakukan perjalanan berbayar tahun depan," kata Musk dalam laporan pendapatan kuartalan Tesla. 


Baca Juga: Ambisi Elon Musk, Tesla akan Meluncurkan Layanan Ride Hailing Mobil Tanpa Pengemudi

Ia mengatakan Tesla saat ini menawarkan layanan pemesanan kendaraan berbasis aplikasi kepada karyawan di Wilayah Teluk San Francisco. 

Pernyataannya itu memperkuat dan memperluas janji yang dibuatnya saat peluncuran robotaxi Tesla dua minggu lalu, saat ia mengatakan bahwa ia berharap untuk meluncurkan kendaraan otonom "tanpa pengawasan" pada kendaraan Tesla tertentu pada tahun 2025. 

Kurangnya rencana bisnis seputar robotaxi pada acara itu membuat sahamnya anjlok. Namun, pada hari Rabu, Tesla berhasil mendapatkan kembali kepercayaan investor dengan memperkirakan lonjakan penjualan kendaraan tahun depan.

Di California, khususnya, perusahaan akan menghadapi tantangan berat dalam mengamankan izin yang diperlukan untuk menawarkan perjalanan yang sepenuhnya otonom kepada pelanggan yang membayar.

Waymo milik Alphabet, yang menawarkan perjalanan berbayar dengan kendaraan otonom di Bay Area dan Los Angeles, serta di Phoenix, Arizona, menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menempuh jutaan mil pengujian sebelum menerima izin pertamanya dari Komisi Utilitas Publik California (CPUC), yang mengatur layanan pemesanan kendaraan.

Baca Juga: Pemilik Mobil Tesla Ini Beberkan Kondisi Kendaraannya Setelah Menempuh 300.000 Km

Departemen Kendaraan Bermotor California, yang mengatur pengujian dan penyebaran kendaraan otonom di negara bagian tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa Tesla terakhir kali melaporkan penggunaan izin pengujian kendaraan otonomnya pada tahun 2019. Izin tersebut mengharuskan pengemudi yang aman.

Perusahaan tersebut tidak memiliki, dan belum mengajukan, izin pengujian tanpa pengemudi, kata badan tersebut.

Tesla tidak menanggapi permintaan komentar.

Mengenai layanan taksi daring di Bay Area untuk karyawan, CPUC mengatakan Tesla tidak memerlukan izin, karena karyawan tidak dianggap sebagai penumpang.

Pada acara robotaxi Tesla pada 10 Oktober, Musk meluncurkan "Cybercab" dua tempat duduk dan dua pintu tanpa roda kemudi dan pedal yang akan menggunakan kamera dan kecerdasan buatan untuk menavigasi jalan.

Pada hari Rabu, ia mengakui potensi kesulitan di California, dengan mengatakan itu bukan sesuatu yang sepenuhnya dapat kami kendalikan. 

Tetapi ia menambahkan,"Saya akan terkejut jika kami tidak mendapatkan persetujuan tahun depan."

Ross Gerber, pemegang saham Tesla dan CEO Gerber Kawasaki Wealth and Investment Management, mengatakan berurusan dengan regulator adalah proses yang sangat sulit dan tidak seorang pun boleh menganggapnya mudah.

Texas memiliki persyaratan regulasi yang jauh lebih sedikit untuk kendaraan otonom daripada California, tetapi perusahaan sering kali melakukan pengujian selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum menerapkan layanan berbayar.

Baca Juga: Apakah Tesla akan Membuat Ponsel? Spekulasi Terbaru Setelah Pernyataan Elon Musk

Aturan seputar penerapan kendaraan otonom sebagian besar diserahkan kepada masing-masing negara bagian. Musk dalam panggilan tersebut mengatakan harus ada "proses persetujuan nasional untuk otonomi."

Sistem bantuan pengemudi canggih Tesla, yang disebut Full Self-Driving (FSD), yang merupakan landasan bagi ambisi robotaxi Tesla, telah menghadapi pertanyaan dari regulator. 

Minggu lalu, Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) membuka penyelidikan terhadap 2,4 juta kendaraan Tesla yang dilengkapi dengan FSD setelah empat tabrakan yang dilaporkan, termasuk kecelakaan fatal pada tahun 2023.

Namun, gagasan Tesla untuk meluncurkan armada robotaxi membuat saham aplikasi pemesanan tumpangan Uber dan Lyft turun 2,3% dalam perdagangan pasca-pasar.

Selanjutnya: Komitmen Terapkan ESG, Pertamina Serius Kelola Air dan Limbah Operasional

Menarik Dibaca: The Shadow Strays Masuk Film Non-English Netflix Top 10 di 85 Negara

Editor: Herlina Kartika Dewi