Tesla Tak Lagi Jual Cybertruck Versi Murah



KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Tesla telah berhenti menerima pesanan untuk Cybertruck versi murah yang dibanderol seharga US$61.000.

Berdasarkan data dari situs websitenya, Tesla hanya menyediakan Cybertruck yang dibanderol dengan harga US$100.000 untuk pemesanan dan pengirimanbulan ini.

Tesla tengah memantau dengan ketat terkait permintaan dan pasokan Cybertruck. Hal ini berkaitan dengan target produksi Cybertruck 200.000 per tahun.


Pada bulan Oktober, Musk mengatakan Tesla telah memiliki 1 juta reservasi untuk truk tersebut.

Baca Juga: Elon Musk Bagikan 9 Strategi Sukses Berbisnis Buat Pebisnis Muda, Catat Daftarnya

Beberapa pelanggan telah mengindikasikan bahwa mereka menunggu versi yang lebih murah, karena harganya  lebih tinggi dan jarak tempuh lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Ini menunjukkan bahwa permintaan jauh lebih sedikit daripada satu juta truk," analis Guidehouse Insights Sam Abuelsamid mengatakan kepada Reuters.

Cybertruck terjual hampir 4.800 unit pada bulan Juli - bulan terbaiknya sejauh ini dan menjadikannya kendaraan terlaris di AS dengan harga lebih dari US$100.000, menurut Cox Automotive.

"Mereka telah menjual lebih dari 16.000 sejauh ini, tetapi mempertahankan volume tinggi pada titik harga tersebut akan menjadi tantangan," kata juru bicara Cox dalam email.

Setelah bertahun-tahun tertunda, Cybertruck akhirnya mulai dikirim pada bulan November 2023 lalu.

Elon Musk, Eksekutif Tesla pada tahun 2019 memperkirakan truk itu akan berharga $40.000 dan dapat menempuh jarak 500 mil atau lebih dengan sekali pengisian daya.

Sekedar info, varian motor ganda seri terbatas Foundation seharga US$99.990 dengan jangkauan 318 mil diperkirakan akan dikirimkan pada konsumen paling cepat bulan ini sementara Foundation Cyberbeast motor tiga seharga $119.990 dengan jangkauan 301 mil tersedia mulai Oktober.

Baca Juga: Platform X Milik Elon Musk Digugat US$20 Juta

Editor: Tri Sulistiowati