Tetap Update, BI Tahan Bunga Acuan 6%



MOMSMONEY.ID – Sebagai perempuan kita juga harus melek ekonomi ya moms. Nah, biar nggak dibilang kudet alias kurang update, moms perlu memantau perkembangan suku bunga acuan setiap bulan terutama bunga acuan di Bank Indonesia (BI) yang bernama BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR).

Pada bulan November 2023 ini, BI memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan. Artinya, bunga acuan BI masih sebesar 6,00% di bulan ini, angka tersebut sebetulnya sudah naik 25 bps dari sebelumnya 5,75% pada bulan Oktober lalu.

Baca Juga: Moms, Bayar Pakai QRIS Bisa di Singapura


Lalu apa sih efek bunga acuan terhadap keuangan kita? Tentu saja, bunga acuan ini akan berpengaruh terhadap kebijakan suku bunga di perbankan, baik itu bunga deposito dan bunga kredit. Jika bunga acuan naik kemungkinan bunga deposito dan bunga kredit di bank juga akan naik.

Sejatinya, bank tidak akan buru-buru meningkatkan bunga deposito maupun bunga kredit di bank, karena kenaikan bunga tersebut mempertimbangkan kondisi likuiditas di bank, yakni jumlah simpanan seperti deposito, giro dan tabungan yang ada di perbankan.

BI sebagai regulator juga terus memantau perkembangan bunga kredit di perbankan lewat kebijakan suku bunga dasar kredit (SBDK). Di mana. BI meminta perbankan untuk tetap transparan dalam menetapkan suku bunga kredit. 

Baca Juga: 6 Perbedaan Herb dan Spice, Antara Rempah Daun dan Rempah Bubuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika