Thailand sokong penjualan Ford di Asean



BANGKOK. Thailand masih menjadi penopang penjualan ritel Ford Motor Company di kawasan Asean. Negeri Gajah Putih itu menjual 28.087 unit Ford sepanjang tahun 2014.

Thailand menyumbang 28% dari total penjualan Ford di Asean tahun lalu yang mencapai 100,824 unit. Penjualan di Thailand melampaui kinerja di negara lain seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia.

Padahal, Ford sudah mewanti-wanti pelambatan pasar domestik di Thailand. Namun, pangsa pasar Ford di Thailand tercatat naik menjadi 4,4%.


Sebelum menutup tahun 2014, Ford mencatat kenaikan penjualan tiga bulan berturut-turut. Di bulan Desember, kenaikannya hampir 20% year on year menjadi 3.471 unit.

Meski Thailand memberi pasar terbesar di Asean bagi Ford, kinerja di Filipina juga ciamik. Filipina kembali mencatatkan rekor kinerja pada 2014.

Tahun lalu penjualan ritel perusahaan di Filipina melonjak 53% year on year menjadi 20.341 unit. Adapun di bulan Desember saja, penjualannya naik 56% yoy menjadi 1.903 unit.

Di Vietnam, penjualan Ford naik 71% menjadi 13.988 unit di tahun 2014. Torehan itu pun sekaligus mengangkat pangsa pasar For di Vietnam menjadi 8,9%. 

Sementara di Malaysia, Ford juga mencatatkan Ford juga mencatatkan rekor kinerja setahun penuh selama dua tahun berturut-turut dengan penjualan ritel keseluruhan meningkat sebesar 31% menjadi 13.938 unit. Di Indonesia, penjualan keseluruhan Ford selama setahun penuh meningkat lebih dari 14% menjadi 11.614 unit.

Di kawasan lainnya seperti, Myanmar, Kaboja, dan Laos, Ford mencatat pertumbuhan penjualan dengan total kenaikan 31% menjadi 2.161 unit. Ford juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 14% dari tahun sebelumnya di Singapura.

"Kami berniat untuk terus memanfaatkan sumber daya dan portofolio produk global Ford untuk memperkenalkan teknologi terbaru kami di Thailand dan seluruh wilayah ASEAN," kata Matt Bradley, President Ford ASEAN dalam keterangan tertulisnya yang diterima KONTAN, Rabu (14/1). 

Adapun sepanjang 2014, penjualan ritel keseluruhan Ford di kawasan ASEAN meningkat lebih dari 5% menjadi 100.824 unit. Dengan pencapaian itu pula, perusahaan optimistis menghadapi tahun 2015.

"Ford yakin bahwa momentum di ASEAN akan berlanjut di tahun 2015 berkat transformasi berbasis produk yang sedang berlangsung, yang akan meliputi peluncuran SUV all-new Everest dan new Ranger di seluruh wilayah," tutup Bradley. 

Editor: Sanny Cicilia