The Cure Rilis Lagu Baru Alone, Pertama dalam 16 Tahun



KONTAN.CO.ID - LONDON. Band asal Inggris, The Cure, pada Kamis merilis lagu baru berjudul "Alone", menandai kembalinya mereka setelah 16 tahun tanpa karya baru.

Lagu ini merupakan single pertama dari album yang sangat dinantikan, Songs of a Lost World, yang akan dirilis pada 1 November.

Lagu berdurasi hampir tujuh menit ini mengusung nuansa melankolis, dan menjadi pembuka album studio ke-14 The Cure, mengikuti album terakhir mereka, 4:13 Dream, yang dirilis pada 2008.


Baca Juga: YouTube akan Menaikkan Harga Layanan Premium di Berbagai Wilayah

Sebelumnya, band ini telah mempratinjau beberapa lagu dari album baru tersebut selama tur Shows Of A Lost World, dengan "Alone" sebagai lagu pembuka di setiap konser.

"Ini adalah lagu yang membuka jalan bagi album tersebut; begitu kami merekamnya, saya tahu ini adalah lagu pembuka, dan seketika album itu menjadi jelas di depan mata," ujar Robert Smith, vokalis The Cure, dalam sebuah pernyataan.

Smith menjelaskan bahwa ia mengalami kesulitan menemukan baris pembuka yang tepat, dengan tema 'kesendirian' selalu menghantuinya.

Namun, ia kemudian terinspirasi oleh puisi "Dregs" karya Ernest Dowson setelah menyelesaikan rekaman, yang menurutnya menjadi momen di mana lagu dan album itu terasa nyata.

Baca Juga: Lady Gaga Menyajikan Album "Harlequin" untuk Film "Joker: Folie a Deux"

"Alone" dimulai dengan instrumen selama lebih dari tiga menit sebelum Smith memulai lirik dengan, "This is the end of every song that we sing / The fire burned out to ash and the stars grown dim with tears."

Ia melanjutkan dengan menyanyi tentang "burung-burung jatuh dari langit", "cinta yang hilang dari hidup kita", serta "ratapan suara pecah yang memanggil kita pulang".

Media Inggris NME menyebut lagu ini sebagai "epik dan emosional", sementara The Guardian menggambarkannya sebagai "dihiasi keagungan yang sarat dengan kesedihan dan keputusasaan", dengan memberikan empat dari lima bintang.

The Cure, yang pertama kali debut pada akhir 1970-an dan dikenal dengan gaya post-punk serta trek melankolis yang gelap, telah lama mengisyaratkan album baru.

Robert Smith pertama kali mengungkapkan judul Songs of a Lost World pada tahun 2022.

Selanjutnya: Indodax Dorong Transparansi di Industri Kripto Indonesia

Menarik Dibaca: KPPU: RPM Jadi Ilegal jika Terbukti Membuat Persaingan Usaha Tidak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto