THR jangan langsung dihabiskan, sisihkan juga untuk asuransi syariah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tunjangan Hari Raya ada baiknya dimanfaatkan dengan baik. Allianz Life Indonesia menawarkan masyarakat untuk memanfaatkan THR menggunakan produk asuransi syariah.

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, Yoga Prasetyo mengatakan bahwa dengan adanya kondisi pandemi ini, masyarakat dinilai perlu mempertimbangkan proteksi diri dan keluarga. Selain itu, Ia juga bilang kalau semangat berbagi dan tolong menolong juga harus semakin kuat.

"Alangkah baiknya jika masyarakat dapat menyisihkan sebagian dari THR untuk jaminan masa depannya, sekaligus menolong sesama melalui asuransi syariah," ujar Yoga dalam keterangan resmi, Kamis (13/5).

Konsep asuransi syariah memiliki beberapa perbedaan signifikan apabila dibandingkan dengan asuransi konvensional. Asuransi syariah menganut prinsip dasar usaha saling tolong-menolong (ta’awuni) dan melindungi (takafuli) di antara para peserta, melalui pembentukan kumpulan dana (tabarru’) yang dikelola sesuai prinsip syariah guna mengantisipasi risiko-risiko tertentu.

Yoga juga menambahkan bahwa salah satu keunikan asuransi syariah adalah mengenai niat berasuransi yang tidak hanya melindungi diri dan keluarga dari risiko kehidupan, tapi apabila risiko tidak terjadi, dana yang menjadi iuran bisa dipakai untuk menyantuni peserta lain. 

“Hal ini sangat erat dengan nilai kebersamaan dan saling tolong menolong yang tinggi di masyarakat Indonesia,” tambah Yoga.

Asuransi syariah menyediakan berbagai jenis perlindungan yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Pertama, asuransi kesehatan syariah yang memberikan biaya kesehatan peserta asuransi melalui iuran yang disetorkan oleh masing-masing peserta setiap bulannya. Dengan asuransi kesehatan syariah, peserta juga dapat melakukan tolong-menolong dimana iuran seorang peserta akan membiayai kebutuhan jika ada peserta lain yang mengalami risiko, seperti sakit, operasi, dan perawatan lainnya akibat sakit atau kecelakaan.

Kedua, asuransi jiwa syariah yang dapat dipertimbangkan bagi mereka yang menjadi pencari nafkah utama atau banyak membantu perekonomian keluarga. Jika asuransi kesehatan syariah memberikan perlindungan ketika peserta sakit, maka asuransi jiwa akan memberikan perlindungan jika peserta kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah.

Berdasarkan riset Continuum Data Indonesia, ditemukan bahwa 90% masyarakat Indonesia menggunakan uang THR untuk berbelanja. Baik belanja online maupun offline di toko, untuk diri sendiri maupun keluarga dan orang lain. Sementara itu, proporsi THR untuk kegiatan menabung dan investasi hanya mencapai 6,6% dan sisanya mengaku untuk membayar hutang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lamgiat Siringoringo