Tiga hal penting di prosesi pernikahan Ibas-Aliya



JAKARTA. Sebentar lagi prosesi pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Siti Ruby Aliya Rajasa bakal dilangsungkan. Ada tiga hal penting yang mengiringi hajatan akbar putra bungsu dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa tersebut.

"Soal pernikahan akan saya sampaikan. Ada tiga hal utama yang penting dalam proses dari acara pernikahan sampai resepsi," kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di Istana, Kamis (10/11).

Pertama, pada Selasa tanggal 22 November 2011 diselenggarakan pengajian di kediaman masing-masing mempelai. Di dalamnya juga ada acara pemasangan bleketepe semacam anyaman daun kelapa di depan rumah. Lalu acara siraman yang dilanjutkan dengan persiapan acara midodareni.


"Diselenggarakan di rumah calon pengantin wanita di Fatmawati, rumah Pak Hatta malam hari pukul 19.00 WIB," katanya.

Acara midodareni itu yakni keluarga mempelai pria datang ke rumah mempelai wanita. Dilanjutkan dengan acara adat masyarakat pesisir sungai Komering.

"Ini semacam acara berpacaran di mana bujangan dan gadis akan menikah biasanya melakukan pertemuan dengan teman-temannya. Semacam pesta perpisahan," katanya.

Kedua, Kamis tanggal 24 November 2011 pukul 10.00 WIB dilakukan prosesi akad nikah di Istana Cipanas. Kemudian ketiga, acara resepsi pada Sabtu tanggal 26 November 2011 berlangsung di Jakarta Convention Center.

Julian menyebutkan nantinya mempelai pengantin bakal mengenakan pakaian ada Palembang Sumatera Selatan saat akad nikah. Kemudian saat resepsi akan lebih bernuansa adat Jawa. "Tapi tetap ada kesenian dari Sumatera Selatan ditampilkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Djumyati P.