Tiga provinsi akan menjadi kluster industri kimia



CILEGON. Kementerian Perindustrian berencana untuk mengembangkan tiga provinsi di Indonesia menjadi kluster industri kimia. Ketiga provinsi tersebut adalah, Banten, Kalimantan Timur serta Jawa Timur.

Untuk kawasan industri petrokimia di Banten akan fokus memproduksi produk kimia berbasis olefin. Untuk kluster Kalimantan Timur akan fokus memproduksi industri kimia berbasis gas bumi, sementara kawasan Jawa Timur akan fokus memproduksi kimia berbasis aromatik.

"Pembangunan industri petrokimia memiliki prospek yang baik sebagai industri unggulan di Indonesia," ungkap Hidayat, dalam peresmian PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Cilegon, pada Rabu (18/1).

Hidayat menambahkan, kebijakan pembangunan kluster industri kimia nasional akan diarahkan pada penguatan industri dari hulu sampai ke hilir. Selain mendorong peningkatan kualitas, kluster diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan kapasitas industri yang ramah lingkungan.

"Kami berharap ada dukungan dan industri petrokimia nasional, asosiasi industri plastik dan perguruan tinggi, untuk mengoptimalkan pemanfaatan pusat pengembangan yang ada," pungkas Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri