Tiket KA arus balik dari Jawa ke Jakarta ludes



TEGAL. Tiket kereta api (KA) untuk perjalanan balik liburan Natal dan Tahun Baru 2015 dari Jawa Timur dan Jawa Tengah ke Jakarta di beberapa tanggal favorit telah habis terjual. Sedangkan untuk beberapa tanggal di depan dan di belakang tanggal favorit juga sudah mulai menipis ketersediaannya.

"Masa angkutan liburan Natal dan Tahun Baru ini terdapat empat tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk balik ke Jakarta. Keempat tanggal favorit tersebut, yakni tanggal 28 dan 29 Desember 2014 untuk liburan Natal serta tanggal 3 dan 4 Januari 2015 untuk liburan Tahun Baru," ujar Manager Humas PT KAI Daop 5, Surono, Jumat (26/12/2015).

Dia menambahkan, tiket KA untuk keberangkatan tanggal- tanggal tersebut sudah habis terjual untuk semua kereta api, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. "Termasuk tiket KA Tambahan (Argo Dwipangga Tambahan, Jaka Tingkir dan Kutojaya Utara Tambahan), semua sudah habis terjual," jelasnya.


Selain itu, kata dia, untuk tanggal keberangkatan ke Jakarta yang mulai menipis tiketnya masing- masing tanggal 27 dan 30 Desember 2014 serta tanggal 2 Januari 2015. "Tanggal 27/12 tinggal menyisakan 50-an lembar tiket KA Bima, tanggal 30/12 tinggal tersedia 200-an tiket untuk KA Gajayana dan Sawunggalih Malam.

Sementara untuk tanggal 2 Januari tinggal tersedia 200 an tiket untuk KA Bima dan Serayu Pagi," paparnya.

Tiket balik liburan Natal dan Tahun Baru jurusan Bandung yang telah habis terjual adalah untu keberangkatan tanggal 28 Desember ke Bandung.

"Untuk tanggal ini tiket KA ke Bandung telah habis untuk semua KA. Sementara tanggal keberangkatan yang lain tiket masih tersedia,"katanya. Surono juga mengatakan, selama angkutan Natal dan Tahun Baru ini di sejumlah stasiun masih banyak masyarakat yang rela antre di loket stasiun untuk membeli tiket.

Padahal saat ini PT KAI telah membuka akses pembelian tiket KA melalui chanel- chanel eksternal yang lebih mudah, seperti di agen tiket, gerai- gerai Alfamart, Idomaret, Kantor Pos, Pegadaian, serta outlet yang lain.

Terlebih saat ini tiket KA juga bisa dipesan dengan mudah melalui internet (website PT KAI), aplikasi tiketing KA melalui smartphone baik Black Berry maupun Android. Selain itu pemesanan tiket juga bisa dilakukan melalui Contact Center 121.

"Pemesanan tiket di channel- chanel eksternal lebih praktis dan efisien, tinggal pilih chanel terdekat dan tidak perlu antre di loket stasiun," ujar Surono. Dari data penjualan tiket KA di sejumlah stasiun wilayah Daop 5 yang dipantau lewat Rail Ticket System (RTS), penjualan tiket melalui loket stasiun masih tinggi.

Dia berharap, makin banyak masyarakat yang memanfaatkan channel eksternal untuk pembelian tiket KA, sehingga tidak terjadi antrean di loket stasiun. "Kalau sudah ada yang praktis dan mudah, ngapain harus datang dan antre ke stasiun untuk beli tiket,"katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa