MOMSMONEY.ID - Untuk pertama kalinya TikTok Ad Awards di Asia Tenggara merayakan kreativitas dan orisinalitas dalam kampanye pemasaran. Penghargaan ini diadakan di enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sejak dibuka pendaftaran pada Februari 2024 di Indonesia, ajang ini diikuti oleh berbagai brand dan agensi yang telah menggunakan ekosistem kreatif TikTok untuk menghadirkan kampanye kreatif yang menginspirasi dan membawa kebahagiaan bagi komunitas TikTok. "Kreativitas tidak perlu terbatas pada perayaan momen-momen besar atau spesial. Kini, TikTok membantu penggunanya, termasuk
brand, untuk berkarya setiap hari dengan mudah," kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia dalam keterangan tertulis.
Baca Juga: Bagaimana Menjaga Keamanan Data Penting di HP yang Hilang? Simak Cara Melindunginya Melalui ekosistem kreatif TikTok, brand dapat terbantu untuk mengeksplorasi kreativitas dan inovasi mereka dalam strategi pemasarannya, dan bertemu serta berinteraksi dengan audiens yang tepat. "Melalui ajang penghargaan TikTok Ad Awards inilah kami ingin memberikan pengakuan untuk
brand atas kreativitas mereka," kata Sitaresti. Setelah menerima antusiasme luar biasa dari ratusan brand dan agensi di Indonesia, TikTok Ad Awards 2024 telah menyelesaikan proses seleksi ketat yang melibatkan tujuh panel juri eksternal yang merupakan ahli di bidangnya, serta tiga juri dari tim internal TikTok. Dari empat kategori penghargaan untuk
brand, terdapat pemenang dengan peringkat Gold, Silver, dan Bronze. Untuk penghargaan Gold, berhasil diraih oleh: 1. Best Branding Campaign yang berhasil dimenangkan oleh blu by BCA Digital melalui kampanye Kastamer Ngablu 2. Best Commerce Campaign yang diraih oleh OMG melalui kampanye Empowering Women, Empowering Dreams: OMG Oh My Grande 3. Best Performance Campaign yang diberikan kepada Somethinc melalui kampanye #KulitKalem 4. Best Local Hero Campaign yang dianugerahi kepada EatSambel melalui kampanye Sambel Nikmat, Wangi Cita Rasa Tradisional Faktor yang jadi pertimbangan dan penilaian saat memilih pemenang adalah dari segi pemanfaatan ekosistem kreatif TikTok untuk menghasilkan iklan kreatif dengan mudah dan fleksibel. Dalam kegiatan Media Luncheon TikTok Advertising Awards 2024 di Jakarta (29/5), para pemenang berbagi kiat mereka dalam mengejewantahkan ide kreatif menjadi kampanye pemasaran yang efektif di TikTok.
Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Find My Device dalam Keadaan HP Mati? Simak Penjelasannya Pemenang Best Branding Campaign, blu by BCA Digital, mengungkapkan kampanye komunikasi yang inovatif dalam memperkenalkan blu secara informatif dan edukatif, melalui konten ‘kastamer ngablu’ yang mencerminkan interaksi nyata bagaimana
customer service blu selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan
reliable untuk nasabah, telah berhasil membangun
chemistry kedekatan dengan
audiens. Untuk membantu proses kreativitasnya, blu by BCA Digital juga menggunakan TikTok Creative Exchange sebagai bentuk eksplorasi dan pemanfaatan
tools yang dimiliki oleh TikTok. Demikian pula, OMG menggunakan ekosistem kreatif TikTok yang mudah digunakan untuk memikat hati penggunanya, seperti konten video dengan ragam efek tulisan dan transisi agar video terlihat lebih menarik, serta promo dengan berkolaborasi bersama kreator
affiliate OMG di TikTok. Selain itu, Somethinc juga menceritakan proses kreatif dari karyanya yang menggunakan ragam fitur kreatif dari pengunaan audio yang menarik, bekerja sama dengan sejumlah konten kreator TikTok, dan juga menggunakan digital ads sehingga dapat membangun
consumer journey Somethinc yang komprehensif. Dimanfaatkan oleh brand dari berbagai skala, pemenang ajang penghargaan TikTok Ad Awards juga berhasil dimenangkan UMKM, EatSambel, pemenang Best Local Hero Campaign. Garry Koesoema, Head of Marketing EatSambel, mengungkapkan banyak orang merasa
brand baru pasti kalah sama brand besar. Padahal, stigma ini harus dipatahkan, karena kuncinya ada di kreativitas.
EatSambel sendiri bermula dari UMKM sambel rumahan, tetapi kami berhasil berkompetisi di pasar berkat kreativitas dan dukungan TikTok. Misalnya, melalui fitur FYP, kami bisa membuat konten kreatif yang meningkatkan
awareness serta penjualan. "Berkat TikTok kami berhasil menghibur para
audience sekaligus memperkenalkan sambel terbaik dari EatSambel, sehingga kami dapat terus meningkatkan pelayanan untuk para pelanggan setia kami," kata Garry. Amir Widjaja,
Executive Director, Marketing & Lifestyle Business dari OCBC sebagai salah satu juri mengatakan hal penting yang dipelajari dalam ajang penghargaan ini adalah bahwa kreativitas tidak terbatas hanya pada seberapa besar
brand tersebut, melainkan seberapa besar keinginan mereka untuk menjadi kreatif. "TikTok Ad Awards telah menjadi pengingat bagi saya untuk selalu belajar dari berbagai industri serta
brand dengan berbagai ukuran bahwa tidak ada batasan untuk menjadi kreatif," kata Amir. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Danielisa Putriadita