TikTok Indonesia Luncurkan TikTok Indonesia Impact Website



MOMSMONEY.ID - Ekosistem TikTok Indonesia semakin luas dan berhasil memberikan dampak positif selain menjadi media hiburan. 

Anggini Setiawan Director of Communications TikTok Indonesia, Rabu (10/7), mengatakan kreator dan UMKM di TikTok telah membuka peluang dan membawa dampak positif.  Terutama, di bidang sosial dan ekonomi Indonesia. 

Data menunjukkan, delapan juta lebih kreator berpenghasilan lewat fitur monetisasi TikTok. Dan,  63% kreator Indonesia berpenghasilan di TikTok lebih dari upah minimum. 


Sementara, 21 juta penjual ada di ShopTokopedia dan Tokopedia. Dan, 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal. 

Untuk terus mengembangkan ekosistem positif yang TikTok miliki, TikTok juga melakukan berbagai program dan inisiatif. Ada sekitar 180.000 kreator dan UMKM menerima pelatihan agar terus berkarya di TikTok. 

Yang terbaru, untuk terus mendorong lahirnya proses kreatif yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat, TikTok juga meluncurkan TikTok Indonesia Impact Website, yaitu pusat informasi yang merangkum kisah perjalanan para kreator dan UMKM yang datang ke TikTok untuk mendorong perubahan positif, bersama dengan ragam inisiatif TikTok dalam mendukung perjalanan mereka. 

Mengusung tema #LokalBerkreasi, TikTok Indonesia Impact Website menghadirkan berbagai kisah transformatif dari para kreator dan UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia dalam perjalanan mereka berbagi wawasan, membangun komunitas, dan membuka peluang baru di TikTok. Lewat kisah Bumantara Team sekelompok muda-mudi asal Sumatra yang mengupayakan kebersihan lingkungan hingga Cave.id, UMKM yang sukses memanfaatkan fitur-fitur TikTok untuk dikenal sebagai produk dalam negeri berkualitas tinggi, TikTok berharap dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut berkarya dan bergerak bersama TikTok membawa perubahan positif bagi Indonesia.

Baca Juga: Inilah Cara Live di TikTok beserta Syarat dan Tips Persiapan

Selain menyorot kisah inspiratif kreator, TikTok Indonesia Impact Website juga menampilkan sejumlah program pemberdayaan milik TikTok, antara lain TikTok Jalin Nusantara yang memberikan dukungan untuk UMKM di 19 sentra ekonomi kreatif dan destinasi pariwisata di Indonesia agar dapat terhubung dan terampil secara digital. 

#MelokalDenganBatik yang memberikan UMKM batik akses ke pinjaman modal usaha dari mitra lembaga keuangan terhubung, teknologi pendukung produksi batik, hingga desain batik hasil kolaborasi dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa bisnis mereka; serta Beli Lokal, sebuah kampanye di aplikasi TikTok dan Tokopedia yang bertujuan untuk memperluas jangkauan dan mendorong pertumbuhan para pelaku usaha, termasuk UMKM, guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Kreator, UMKM, dan masyarakat yang ingin berkreasi langsung bersama TikTok dapat mengunjungi TikTok | Pos Aja! Creator House yang berlokasi di Kantor Pos Kota Tua, Jalan Kunir No. 3, Jakarta Barat setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB. Informasi tentang TikTok | Pos Aja! Creator House bisa diakses di laman khusus di dalam aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita