Tilang Uji Emisi Mulai November 2023, Ini Lokasi Uji Emisi Gratis Di Jakarta



Lokasi Uji Emisi Gratis Jakarta - JAKARTA. Catat lokasi uji emisi gratis di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali melakukan tilang terhadap kendaraan yang tak lulus uji emisi.

Dilansir dari Kompas.com, Pemprov DKI Jakarta melalui Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara berencana kembali melaksanakan tilang bagi kendaraan yang tak lulus uji emisi. Tilang uji emisi di jakarta berlaku kembali pada November 2023.

"Rencana pada awal November 2023 mendatang tilang uji emisi kembali dilaksanakan beberapa lokasi," ujar Kepala Satgas Ani Ruspitawati di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (6/10/2023).


Ani mengemukakan, Pemrov DKI telah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya terkait pelaksanaan giat tilang uji emisi di Jakarta. "Sempat dihentikan kemarin itu karena kita fokus memberikan akses seluas mungkin memberi warga buat ikuti uji emisi. Sekarang sudah cukup jadi tilang akan kembali diberlakukan," ucap Ani.

Namun, Ani tak menjelaskan secara rinci berkait mekanisme tilang uji emisi yang rencananya kembali diberlakukan lagi. "(Teknis) masih sama tapi kalau ada perubahan terkait sanksi atau lokasi kita akan infokan tapi yang udah pasti akan diberlakukan per awal November," ucapnya.

Baca Juga: Lalamove dan Suzuki Trada Group Hadirkan Uji Emisi Gratis kepada Mitra Driver

Polisi sebelumnya memutuskan untuk menyetop tilang uji emisi kendaraan. Pasalnya, tilang uji emisi kendaraan di Jakarta dinilai tidak efektif dan malah menimbulkan masalah seperti kemacetan.

Kepala Satgas Polusi Udara Polda Metro Jaya Kombes Nurcholis mengatakan, sanksi tilang dikenakan sebelum Satgas Polusi Udara Polda Metro Jaya dibentuk.

Setelah satuan tugas khusus dibentuk, langkah penindakan itu pun dievaluasi dan dinyatakan tidak efektif. "Tilang tersebut sebelum adanya satgas, setelah dievaluasi, tidak efektif. Jadi untuk ke depannya tidak ditilang yang tidak lulus," kata Nurcholis saat dikonfirmasi, Senin (11/9/2023).

Nurcholis tidak menjelaskan lebih lanjut alasan sanksi tilang terkait pelanggaran uji emisi dianggap tak efektif.

Dia hanya mengatakan, pengendara yang motor atau mobilnya tidak lulus uji emisi akan diimbau untuk menyervis kendaraannya. "Tapi diimbau untuk diservis, kami imbau juga untuk dealer dapat membantu servis kendaraan motor tersebut," kata Nurcholis.

Adapun sanksi tilang kepada pengendara di Jakarta yang kendaraannya tidak lulus uji emisi sudah diberlakukan, Jumat (1/9/2023).

Pengendara motor tak lulus uji emisi saat itu dikenai denda paling banyak Rp 250.000, sedangkan pengemudi yang mobilnya tidak lulus uji emisi didenda maksimal Rp 500.000.

Lokasi uji emisi gratis di Jakarta

Ada banyak lokasi uji emisi gratis di Jakarta. Salah satu satunya, Planet Ban yang menyediakan jasa uji emisi khusus sepeda motor di wilayah sekitar DKI Jakarta secara gratis.

Lokasi uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor ini antara lain di gerai Planet Ban Lenteng Agung, Planet Ban Gunung Sahari, Planet Ban Kebon Jeruk, dan Planet Ban Otista Bidara Cina. 

Chief Operation Officer Planet Ban Deden Hendra Shakti mengatakan, uji emisi bukanlah hal baru. Planet Ban sudah menyediakan layanan uji emisi sejak tahun 2020. Planet Ban menerapkan uji emisi gratis dengan pembatasan kuota 20 motor per hari pada tiap toko.

“Kami sudah dari tahun 2020 mem-provide layanan ini, gratis juga. Akan tetapi, ketika hal ini diterapkan semua orang berbondong-bondong datang. Oleh karena itu, layanan uji emisi gratis di beberapa toko kami itu menggunakan kuota. Semuanya gratis akan tetapi kami batasi,” tutur Deden pada diskusi Planet Ban Ajak Pengendara Motor Turunkan Polusi, Rabu (20/9).

Empat toko Planet Ban yang menyediakan layanan uji emisi sudah terdaftar di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta, sehingga dapat memberikan data-data hasil uji emisi konsumen untuk diterbitkan sertifikat oleh DLH.

“Sekarang konsumen bukan hanya sebatas motornya lolos uji atau tidak, tetapi kemudian ada kebutuhan punya sertifikat sehingga tidak jadi masalah kemudian terjadi penindakan atau apapun,” ungkap Deden.

Planet Ban berencana menambah layanan uji emisi sebanyak tiga toko. Akan tetapi, tidak mudah untuk membeli alat uji emisi dan juga harus melalui proses yang panjang.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menyediakan layanan uji emisi gratis di sejumlah lokasi kepada para pelanggan Daihatsu di Jakarta. Layanan uji emisi gratis Daihatsu berlangsung pada rentang 4 September – 31 Desember 2023.

Terdapat 8 titik bengkel Astra Daihatsu yang telah terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  di Provinsi DKI Jakarta yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Daihatsu secara gratis. Di antaranya adalah:

Lokasi uji emisi gratis di Jakarta Utara

1. Astra Daihatsu Sunter 2. Astra Daihatsu Kelapa Gading 3. Astra Daihatsu Pluit

Lokasi uji emisi gratis di Jakarta Timur

1. Astra Daihatsu Pramuka

Lokasi uji emisi gratis di Jakarta Pusat

1. Astra Daihatsu Jayakarta

Lokasi uji emisi gratis di Jakarta Selatan

1. Astra Daihatsu Radio Dalam 2. Astra Daihatsu Palmerah 3. Astra Daihatsu Pondok Pinang

Pelanggan Daihatsu yang ingin mendapatkan gratis uji emisi dapat melakukan booking melalui website official Astra Daihatsu, aplikasi DaihatsuKu dan Daihatsu Access 1500-898 terlebih dahulu, agar tidak perlu menunggu antrian.

Belum cukup, pelanggan Daihatsu yang akan melakukan perawatan berkala dan perbaikan kendaraan di bengkel Astra Daihatsu juga akan secara otomatis mendapatkan uji emisi gratis dan sertifikat.

Itulah lokasi uji emisi gratis di Jakarta. Segera uji emisi kendaraan Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto