JAKARTA. Triwulan pertama tahun ini, ekspor perikanan naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Salah satu penyumbang membaiknya pengiriman ikan ke luar negeri adalah adanya kenaikan ekspor ke pasar alternatif yakni wilayah Timur Tengah.Ekspor perikanan Januari - Maret 2010 naik menjadi US$ 621,8 juta dari Januari-Maret 2009 senilai US$ 577,2 juta. ”Tapi dari sisi nilai ekspor ke kawasan selain Amerika Serikat dan Uni Eropa masih relatif kecil,” kata Saut Hutagalung, Direktur Pemasaran Luar Negeri, Kementerian Keluatan dan Perikanan kepada KONTAN, akhir pekan lalu. Ekspor ke Timur Tengah tercatat sebesar US$ 22,3 juta, naik dari periode yang sama tahun lalu senilai US$ 16,4 juta. ”Ini menunjukan kebijakan untuk memperluas pasar ikan ke pasar alernatif sudah terjadi,” kata Saut. Ada beberapa faktor yang membuat pasar alternatif mengalami kenaikan penjualan. Diantaranya, naiknya tingkat promosi sejak tahun 2009, terlibatnya pelaku usaha pada berbagai pameran, dan adanya misi dagang ke Uni Eropa, Aaudi Arabia, Iran dan juga Mesir.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Timur Tengah Dongkrak Kinerja Ekspor Ikan Indonesia
JAKARTA. Triwulan pertama tahun ini, ekspor perikanan naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Salah satu penyumbang membaiknya pengiriman ikan ke luar negeri adalah adanya kenaikan ekspor ke pasar alternatif yakni wilayah Timur Tengah.Ekspor perikanan Januari - Maret 2010 naik menjadi US$ 621,8 juta dari Januari-Maret 2009 senilai US$ 577,2 juta. ”Tapi dari sisi nilai ekspor ke kawasan selain Amerika Serikat dan Uni Eropa masih relatif kecil,” kata Saut Hutagalung, Direktur Pemasaran Luar Negeri, Kementerian Keluatan dan Perikanan kepada KONTAN, akhir pekan lalu. Ekspor ke Timur Tengah tercatat sebesar US$ 22,3 juta, naik dari periode yang sama tahun lalu senilai US$ 16,4 juta. ”Ini menunjukan kebijakan untuk memperluas pasar ikan ke pasar alernatif sudah terjadi,” kata Saut. Ada beberapa faktor yang membuat pasar alternatif mengalami kenaikan penjualan. Diantaranya, naiknya tingkat promosi sejak tahun 2009, terlibatnya pelaku usaha pada berbagai pameran, dan adanya misi dagang ke Uni Eropa, Aaudi Arabia, Iran dan juga Mesir.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News