KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tinder, Netflix, dan Tencent Holdings menempati posisi tiga teratas App Annie’s 2019 ranking dalam hal konsumer
spending untuk aplikasi
non gaming. Ini menunjukkan bahwa layanan berlangganan kian penting dalam menghasilkan pendapatan. Layanan-layanan
game menawarkan pembelian dalam aplikasi dengan menggunakan mata uang virtual. Ini biasanya disebut transasksi mikro dan berlanjut menjadi pemimpin dari daftar rangking dimana langganan video paling mendominasi.
Baca Juga: Pengiriman lambat, Amazon minta penjual tidak menggunakan FedEx Layanan Disney + dan Apple TV + yang banyak ditunggu-tunggu peluncurannya, lalu iQiyi dari Baidu Inc, YouTube Google, dan Youku dari Alibaba Group Holding, masauk dalam peringkat 10 aplikasi teratas berdasarkan pendapatan. App Annie mengatakan total unduhan aplikasi baru dan pengeluaran konsumen akan memecahkan rekor. Ini dilihat dari data yang dikumpulkan sejak Januari hingga November 2019. Posisi Tinder ada di urutan pertama tidaklah mengejutkan bagi App Annie. Pasalnya, aplikasi kencan semacam itu telah membuka kunci untuk monetisasi melalui langganan. Pendapatan tahunan gabungan perusahaan ini sejak 2014-2019 sudah tumbuh 920% menjadi US$ 2,2 miliar sepanjang tahun ini. Facebook mempertahankan keunggulan historisnya pada unduhan aplikasi secara keseluruhan dengan menduduki peringkat ketiga sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh diantaranya facebook messenger, favebook dan whatsApp. Rangking dipertahankan untuk tahun keenam berturut-turut. Pada September lalu, perusahaan ini telah meluncurkan layanan Kencan Facebook sendiri.
Baca Juga: Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf dijatuhi hukuman mati Hingga akhir tahun 2019, App Annie memperkirakan konsumen akan mengunduh 120 miliar aplikasi baru di iOS App Store Apple dan Google Play Store. Itu tanpa memperhitungkan pembaruan aplikasi, menginstal ulang aplikasi yang ada atau menginstal Android yang dilakukan melalui cara tidak resmi. Angka tersebut menandai kenaikan 5% dari tahun lalu, dan perusahaan pelacak aplikasi memperkirakan rekor itu akan rusak lagi pada tahun 2020. Pendapatan konsumen dikatakan tumbuh sebesar 15% setiap tahun, dengan 2019 akan mencapai hampir US$ 90 miliar, sebuah rekor baru juga.
Di sisi permainan, Free Fire milik Sea Ltd, aplikasi yang telah mencetak dua miliarder, mengumpulkan unduhan paling banyak secara global, diikuti oleh PUBG Mobile milik Tencent. Call of Duty: Mobile, properti Tencent lain, juga berhasil masuk dalam 10 besar tahun ini, meskipun hanya dirilis pada awal Oktober. Fate/Grand Order dari Sony Corp meraih gelar sebagai game yang paling menguntungkan - dan aplikasi keseluruhan - tahun ini, diikuti oleh Honor of Kings dari Tencent dan pembuat uang yang menghasilkan banyak uang Candy Crush Saga oleh Activision Blizzard Inc. Ketiga game gratis untuk dimainkan bermain, memperoleh pendapatan besar-besaran dari pembelian kecil bonus dan peningkatan dalam
game.
Baca Juga: Kasus Uighur, GP Ansor minta klarifikasi atas lahan minyak dan gas di Xinjiang Mencari hit luar biasa tahun ini, App Annie menyoroti Likee by YY Inc, sebuah aplikasi untuk berbagi video pendek seperti TikTok, sebagai aplikasi dengan pertumbuhan absolut terbesar dalam unduhan sepanjang tahun. Dua aplikasi lagi oleh perusahaan yang sama berada di empat besar: Noizz untuk mengedit video dan Hago untuk game sosial, yang terakhir sangat populer di kalangan pengguna muda di Indonesia, menurut para peneliti.
Editor: Tendi Mahadi