Tingkat kepuasan pada Program JKN-KIS capai 79,5%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tingkat kepuasan peserta dan fasilitas kesehatan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga tahun 2017 tercatat terus mengalami peningkatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, berdasarkan survei responden tahun 2017, indeks kepuasan fasilitas kesehatan yang melayani pasien Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia (JKN-KIS) secara total mencapai 75,7%.

Sementara, khusus di tingkat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) indeks kepuasan mencapai 75,9%, sementara di tingkat fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) sebesar 75,2%. Angka-angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi dan sesuai angka yang ditetapkan pemerintah. 


"Untuk tingkat kepuasan peserta JKN-KIS tahun 2017 juga masuk dalam kategori tinggi yakni sebesar 79,5%,” kata Fachmi saat public expose laporan audited tahun 2017 di Jakarta, Rabu (16/5).

Adapun hingga tahun 2019 nanti, indeks kepuasan peserta ditargetkan mencapai 85% sedangkan indeks kepuasan fasilitas kesehatan diproyeksi mencapai 80%. Fachmi optimistis indeks tersebut akan tercapai dengan strategi pelayanan yang maksimal diberikan kepada masyarakat.

Sekadar tahu, berdasarkan hasil penelitian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat FEB UI tahun 2017, pada tahun 2016 Program JKN-KIS telah menyelamatkan 1,16 juta orang dari kemiskinan. Tak hanya itu, JKN-KIS Juga telah melindungi 14,5 juta orang miskin dari kondisi kemiskinan yang Iebih parah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia