Tingkat radiasi nuklir Jepang tertinggi setara dengan bencana Chernobyl 1986



TOKYO. Jepang akhirnya menaikkan peringkat keparahan krisis nuklir ke level tertinggi setara dengan bencana Chernobyl yang terjadi pada 1986. Radiasi memaksa pemerintah kembali memperluas zona evakuasi mengekor gempa susulan yang terjadi kemarin dengan kekuatan 7,1 skala richer.

Juru Bicara Badan Keselamatan Industri Nuklir Jepang mengatakan, peringkat keparahan naik ke level 7. Kecelakaan di reaktor Dai-Ichi Fukushima sebelumnya berada pada peringkat 5 pada skala global, sama dengan krisis reaktor parsial 1979 di Three Mile Island, Pennsylvania.

Reaktor milik Tokyo Electric Power Co (Tepco) ini sebetulnya telah mampu bertahan dari ratusan gempa yang terjadi. Namun, pertahanan reaktor lumpuh 11 Maret saat gempa dan tsunami menghajar.


The International Nuclear and Radiological Event Scale mengatakan, tingkat keparahan radiasi ini sudah masuk tahap mengancam kesehatan masyarakat dan lingkungan.

"Pemerintah harus bisa menentukan skala bencana, sebenarnya sudah terlalu terlambat menyuruh penduduk mengungsi. Dampak terhadap kesehatan masyarakat bakal lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya," kata Philip Putih, International Liaison Officer di Citizens 'Nuclear Information Center.

Editor: