Tingkatan Kapasitas Angkut Batubara di Palembang, KAI Teken Mou dengan PTBA dan SMBR



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menyepakati nota kesepahaman terkait peningkatan kapasitas angkut batubara di Kertapati, Palembang hingga tahun 2027.

Rafli Yandra Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengatakan bahwa sinergi ini merupakan bagian dari perseroan dalam meningkatkan kapasitas angkutan batu bara. Apalagi PTBA kini memiliki cadangan batubara sebesar 2,98 miliar ton.

“Melalui peningkatan kapasitas logistik, kami dapat berkontribusi lebih besar dalam menghadirkan energi tanpa henti untuk negeri,” jelas Rafli dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan, Selasa (22/10). 


Baca Juga: Penjualan dan Angkutan Batubara RMKE Naik di Kuartal III-2024

Direktur Utama PT Semen Batu Raja, Suherman Yahya juga menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis sinergi antar BUMN untuk memperkuat keberlanjutan pasokan bahan baku energi.

“Sinergi ini juga berkontribusi pada efisiensi operasional dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta pembangunan infrastruktur nasional," timpalnya.

Sementara itu, Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI menyebut angkutan batubara saat ini menjadi kontributor terbesar angkutan barang perusahaan. Porsinya bisa mencapai 80%.

Selama periode  Januari-September 2024 KAi telah mengangkut 50.98 juta ton barang atau meningkat 8% dibanding periode yang sama di tahun 2023 sebanyak 47,17 juta ton barang. Batubara menyubang 40.828.696 ton. 

Selanjutnya: Cermati Rekomendasi Saham WINS, BMRI, ELSA Untuk Perdagangan Rabu (23/10)

Menarik Dibaca: Ramalan BMKG Cuaca Besok Rabu (23/10) di Yogyakarta Tidak Ada Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih