Tingkatkan Gizi Anak, Alfamidi Bantu Entaskan Stunting Ratusan Anak



MOMSMONEY.ID - Isu stunting di Indonesia menjadi banyak perhatian orang, termasuk PT Midi Utama Indonesia Tbk (Alfamidi)  berkontribusi dalam penanganan stunting di Indonesia. Lewat program corporate social responsibility (CSR), Alfamidi telah membantu anak-anak di sejumlah wilayah Indonesia lepas dari kondisi tersebut.

Langkah yang dilakukan Alfamidi adalah mendukung puluhan anak bayi di bawah lima tahun (balita) penerima manfaat di Medan, Manado, Ternate dan Kendari yang menjalani program ini selama 6 bulan hingga akhirnya bebas stunting. Bantuan berupa telur dan makanan pendamping bergizi lainnya diberikan sehingga dapat meningkatkan status gizi anak.

Corporate Communication Alfamidi, Retriantina Marhendra mengatakan, Alfamidi menyadari bahwa berbagai pihak harus tergerak untuk mengentaskan stunting di Indonesia. Oleh sebab itu, Alfamidi berkomitmen melalui program CSR penanganan stunting ini membawa manfaat positif bagi anak-anak Indonesia.


Bantuan 60 telur per bulan didasari pertimbangan, bahwa satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein dan memiliki sejumlah vitamin A, B, D, K, kolin, selenium, yodium, fosfor, besi dan seng. Sumber asam amino, kolin dan omega-3 di dalam telur mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan saraf serta jaringan otak anak. "Kandungan gizi asam amino dan omega-3 dapat meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang anak," kata Retriantina, Kamis (19/9).

Kasiyani, Ibu asal Ternate mengapresiasi bantuan program penanganan stunting dari Alfamidi.  Aisyah Sabian, putrinya menerima bantuan di tahun 2023 berupa 60 butir telur dan susu setiap bulannya selama 6 bulan. Kini, Aisyah yang telah berusia 3 tahun ini tumbuh semakin lincah, tinggi badan dan berat badannya pun naik.

Baca Juga: 5 Jenis Minuman yang Bantu Meningkatkan Daya Ingat Otak, Bikin Belajar Lebih Fokus

Senada dengan seorang ibu asal Bombana, Kendari, Sulawesi Tenggara, Danradatu. Ibu empat orang anak ini kini tahu manfaat penanganan stunting setelah anaknya menjadi salah satu penerima program. "Dengan adanya program ini jadi lebih tahu lagi perkembangan anak sesuai usianya," tuturnya.

Stunting terjadi saat anak kekurangan zat gizi mikro seperti vitamin A, zat besi, folat dan seng. Defisiensi mikronutrien tersebut dapat memengaruhi perkembangan fisik dan kognitif anak serta meningkatkan infeksi.

Plh Sekda Tapanuli Tengah, Erman Syahrin Lubis mengapresiasi Alfamidi atas komitmennya mendukung percepatan penurunan stunting di Tapanuli Tengah. Pemberian bantuan berupa penyediaan telur sebagai sumber protein penting untuk mendukung gizi anak-anak di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Diharapkan semua pihak juga peduli membantu melalui CSR untuk percepatan penurunan stunting di wilayah Tapanuli Tengah.

Kementerian Kesehatan menyebut, terdapat 4,5 juta anak balita Indonesia yang mengalami gizi kurang (wasting) dan 760.000 anak dengan status gizi buruk. Oleh karena itu, pemerintah mendorong keterlibatan banyak pihak dalam mengentaskan stunting di Indonesia.

Alfamidi berharap, program penanganan stunting yang sudah menjangkau puluhan anak, akan berlanjut di wilayah lainnya seperti Bekasi, Boyolali, Pasuruan, Samarinda, Palu dan Ambon terhadap 290 anak di tahun 2024 ini mendorong hadirnya generasi emas Indonesia.

Baca Juga: Cara Menata Kamar Tidur untuk Si Kembar

Selanjutnya: Bukan Hanya Wakatobi, Berikut Potensi Wisata Sultra yang Bisa Anda Kunjungi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika