Tingkatkan inklusi keuangan, BRI gandeng Bank Jatim untuk perkuat layanan perbankan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk terus berupaya memperluas kerjasama strategis dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Kali ini, bertempat di Surabaya (13/7), Bank BRI menandatangani kerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso.

Suprajarto mengatakan, sinergi antara Bank BRI dan Bank Jatim bertujuan meningkatkan penetrasi layanan keuangan di Jawa Timur serta meningkatkan daya saing bagi kedua belah pihak. “Harapannya, kerjasama ini akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat di Jawa Timur. BRI akan menyediakan layanan yang menyeluruh dan terintegrasi untuk Bank Jatim dalam rangka meningkatkan potensi bisnis masing-masing pihak,” kata Suprajarto Jumat (13/7).

Terdapat beberapa bidang yang dikerjasamakan antara Bank BRI dan Bank Jatim, diantaranya bidang keuangan dan permodalan: subdebt (Instrumen Obligasi Subordinasi), term loan facility (fasilitas pinjaman jangka pendek), dan trade finance & international banking services, bidang transaction banking: e-channel transaction, co-branding kartu, BRI Corporate Card dan BRI Cash Management System (CMS).

Sementara dalam bidang teknologi dan kredit, terdapat kerjasama dalam pemanfaatan teknologi informasi, layanan transaksi secara Host to Host, bidang kredit konsumer, kredit ritel dan menengah, kredit korporasi (loan syndication/ participation), social enterpreneurship, dan UUS (BRIS).

Bank BRI juga memberikan kesempatan untuk melakukan pertukaran sumber daya manusia (SDM) masing-masing pihak melalui bidang capacity building berupa pemagangan pegawai, seminar, dan pendidikan/ training di BRI Corporate University.

“Tidak hanya kerjasama dalam bisnis, Bank BRI juga telah menyiapkan kerjasama dalam bidang ke SDM-an, dalam rangka meningkatkan skill dan kapasitas masing-masing SDM di industri perbankan Indonesia," jelas Suprajarto.

Hingga pertengahan 2018, Bank BRI telah menjalin kerjasama strategis dengan beberapa BPD, diantaranya BPD Lampung, BPD Jateng dan BPD Papua. Ke depan, Bank BRI akan terus menjajaki kemungkinan serta membuka peluang menjadi mitra strategis bagi berbagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebagai upaya penguatan sistem perbankan serta perluasan inklusi dan literasi keuangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi