Tingkatkan kapasitas UMKM, BCA gelar festival virtual BCA UMKM Fest



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar kegiatan virtual BCA UMKM Fest berupa festival dan pameran offline to online yang diikuti ribuan UMKM Indonesia dengan lebih dari 18.000 produk unggulan. BCA UMKM Fest dilaksanakan mulai 16 April hingga 8 Mei 2021 di laman umkmfest.bca.co.id.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA berkomitmen memberikan nilai tambah dan memiliki daya saing dengan kebutuhan pasar terkini bagi UMKM sebagai salah satu pendorong pergerakan ekonomi nasional. Mulai Jumat (16/4) hingga tiga minggu ke depan, BCA menyediakan ruang berkarya end-to-end bagi pegiat UMKM melalui BCA UMKM Fest.

“Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulannya melalui platform digital yang kami siapkan, BCA juga memberikan pendampingan melalui beragam webinar, mentoring, hingga sesi business matching yang membuka akses pasar bagi pegiat UMKM untuk melakukan ekspor. Kami sungguh berharap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan populasi terbesar di ASEAN dan ke-4 di dunia, tapi juga mampu berekspansi menembus pasar internasional,” ujar Jahja secara virtual pada Kamis (15/4).


Baca Juga: Begini bocoran strategi Bank BCA Digital yang bakal dirilis pada pertengahan tahun

Untuk business matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan bank koresponden untuk menghadirkan calon buyer yang berasal dari 30 negara. Saat ini, 80 seller BCA siap untuk ekspor, nantinya para UMKM siap ekspor akan melakukan pertemuan dan diskusi bisnis dalam sesi tersebut.

Tak hanya itu, dalam webinar dengan topik UMKM siap ekspor, para peserta akan mendapatkan edukasi dan pelatihan sebagai bekal menjadi eksportir andal dari narasumber kredibel. Selain memberikan nilai tambah bagi merchant peserta dari pegiat UMKM, pengunjung dapat mengeksplorasi lebih dari 18.000 produk unggulan dari 1.700 merchant peserta.

Terdapat lebih dari 7.500 produk food & beverage, 5.800 produk fashion, 1.500 produk hobby, 1.300 produk kesehatan dan kecantikan, 400 produk aksesoris dan perhiasan, dan masih banyak produk menarik lainnya. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan potongan harga, program lelang, dan subsidi ongkir.

Pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia terlihat dari besarnya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga 2018 lalu ada 116,97 juta orang atau 98% tenaga kerja berkegiatan di sektor ini.

Sementara itu, UMKM berkontribusi 61,07% pada PDB. Komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini, selaras dengan percepatan realisasi tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

Selanjutnya: Begini upaya bank swasta menggarap bisnis kredit UMKM di tengah pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat