Tingkatkan Kinerja Operasional, Hasnur Internasional (HAIS) Tambah 2 Set Armada Baru



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS), perusahaan pelayaran di Indonesia yang bergerak di bidang jasa transportasi sungai dan laut serta logistik, melakukan penambahan dua set armada kapal tunda (tugboat) dan tongkang (barge) baru. 

Langkah strategis ini sejalan dengan komitmen HAIS untuk terus meningkatkan operational excellence dan memperluas jangkauan layanan.

Dua set armada baru tersebut yaitu TB Hasnur 19 (tugboat) - BG Hasnur 339 (barge) dan TB Hasnur 20 - BG Hasnur 3310. Seremoni peresmian armada baru TB Hasnur 20 - BG Hasnur 3310 ditandai dengan upacara tradisi “Tampung Tawar” yang dilaksanakan di Sangatta, Kalimantan Timur pada Rabu, 11 September 2024.


Sedangkan seremoni Tampung Tawar TB Hasnur 19 - BG Hasnur 339 telah dilakukan sebelumnya pada 19 Agustus 2024 di Sungai Puting, Kalimantan Selatan.

Upacara Tampung Tawar sendiri merupakan sebuah tradisi khas masyarakat Muslim Dayak Kalimantan yang bertujuan untuk memohon berkah, keselamatan, dan kelancaran dalam setiap aktivitas perusahaan. Dengan demikian, HAIS tidak hanya memperkuat armada, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal.

Baca Juga: Hasnur International (HAIS) dan Multi Guna Maritim Kembangkan Pengangkutan Batubara

Dengan bertambahnya armada ini, HAIS semakin optimistis dalam mencapai target volume angkut sebesar 11,2 juta metrik ton (MT) pada akhir tahun 2024.

Pada semester I 2024, HAIS telah berhasil mencatatkan pertumbuhan volume kargo sebesar 7,7% menjadi sebanyak 5,65 juta metrik ton dari 5,24 juta metrik ton pada semester I 2023 lalu.

“Penambahan armada ini merupakan langkah nyata kami dalam mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi penyedia jasa pelayaran dan logistik terintegrasi dengan reputasi internasional yang membawa manfaat bagi stakeholder. Dengan armada baru dan kapasitas yang meningkat, kami yakin dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih efisien kepada pelanggan,” ujar Direktur Operasional HIS Laorentina Devi, Selasa (17/9). 

Dua set armada terbaru, TB Hasnur 19 dan BG Hasnur 339 serta TB Hasnur 20 dan BG Hasnur 3310, masing-masing memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk mendukung operasional logistik yang optimal. 

Tugboat Hasnur 19 dan 20 dilengkapi dengan mesin berkekuatan 2.200 horsepower, sementara barge BG Hasnur 339 dan 3310 memiliki kapasitas angkut sebesar 10.500 MT. Penambahan dua set armada baru ini menggenapi kepemilikkan armada HIS menjadi total 18 set tugboat dan barge dengan kapasitas angkut yang bervariasi, mulai 7.500 ton hingga 10.300 metrik ton serta 1 unit kapal pengangkut CPO (crude palm oil).

 
HAIS Chart by TradingView

Selain fokus pada pasar domestik, HIS juga terus memperluas jaringan layanan ke pasar internasional. Baru-baru ini, perusahaan telah berhasil melakukan pengiriman komoditas internasional ke Go Dau Port, Vietnam.

Selanjutnya: Banyak yang Bangkrut, OJK Beberkan Tantangan BPR/BPRS ke Depan Semakin Berat

Menarik Dibaca: Mau Pinjam KTA? Digibank Punya Fasilitas KTA dengan Bunga Mulai dari 0,88%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari