KONTAN.CO.ID - Sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan layanan yang diberikan bagi nasabah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengutamakan customer experience di berbagai daerah, termasuk di Pekanbaru, Riau. Hal ini dilakukan antara lain dengan memperluas akses dan layanan nasabah secara hybrid, baik melalui kantor cabang maupun layanan digital untuk menambah kemudahan dalam memenuhi beragam kebutuhan finansial, karena bagi CIMB Niaga, nasabah adalah #YangUtama. Di wilayah yang dijuluki Kota Bertuah ini, layanan CIMB Niaga hadir melalui 5 kantor cabang yaitu di Jalan Jenderal Sudirman Tengkerang Selatan, Jalan Jenderal Sudirman Sumahilang, Jalan Riau, Jalan HR Soebrantas Panam, dan Jalan Tuanku Tambusai yang didukung sumber daya manusia yang ramah dan profesional. Dalam waktu dekat juga akan hadir 1 kantor cabang di kawasan Harapan Raya Pekanbaru. Selain itu, untuk melengkapi layanan yang diberikan kantor cabang, nasabah juga dapat memanfaatkan transaksi di 33 ATM/CRM CIMB Niaga, serta jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima yang tersebar di Pekanbaru dan sekitarnya.
Untuk layanan perbankan yang lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, nasabah bisa menggunakan layanan digital seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Adapun nasabah bisnis CIMB Niaga mendapatkan dukungan maksimal melalui BizChannel@CIMB yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis. Head of Region Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika mengatakan, Pekanbaru merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar dan penopang ekonomi nasional di Sumatera. Karena itu, CIMB Niaga menjadikan kota ini sebagai salah satu prioritas pengembangan layanan di Sumatera, dengan menghadirkan berbagai inisiatif untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah. Sebelumnya di wilayah Sumatera, CIMB Niaga telah melakukan berbagai kegiatan, di antaranya melalui Wealth Management dan Ngobrolin Biznis (Ngobiz) sebagai wadah berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk memperkuat pengelolaan keuangan dan bisnis nasabah. “Sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi bank pilihan nasabah dan para pelaku usaha di Indonesia, kami siap memberikan dukungan optimal bagi nasabah di Pekanbaru. Tidak hanya melalui produk dan layanan yang lengkap, kami juga aktif memberikan edukasi hingga networking untuk menginspirasi serta membantu nasabah dalam meraih kesuksesan sesuai impiannya. Kami berharap, berbagai upaya yang kami lakukan dapat meningkatkan kepercayaan, kenyamanan, dan loyalitas nasabah,” kata Maya dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pekanbaru, Kamis (30/5/2024). Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024 Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Pekanbaru, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96. “Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih. Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Maya. CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,5% dan 84,2%. Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp248,0 triliun (+3,3% Y-o-Y), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 64,6%. Sementara itu, CASA tumbuh 8,9% Y-o-Y, sebagai hasil upaya Bank membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga. Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,4% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 15,8% Y-o-Y. Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun (+15,4% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp50,6 triliun (+2,6% Y-o-Y) per 31 Maret 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas. “Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” tambah Maya. Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Tentang CIMB Niaga CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.000 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.844 ATM, serta 670.441 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,0 miliar per 31 Maret 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.
Baca Juga: CIMB Niaga Hadirkan Pengalaman Perbankan Optimal untuk Nasabah di Samarinda Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti