KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meningkatkan transaksi keuangan digital melalui QRIS milik Bank Indonesia (BI). Bank Mandiri menggandeng lebih dari 1,2 juta merchant QRIS per Oktober 2021. Thomas Wahyudi, SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri mengatakan, transaksi QRIS Bank Mandiri tumbuh 500% secara YoY per Oktober 2021. “Transaksi paling banyak dilakukan untuk merchant ritel seperti warung keperluan sehari-hari, rumah makan, kantin, pujasera, koperasi dan transaksi di pasar,” kata Thomas kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.
Thomas menyebut, dengan adanya QRIS, baik merchant sebagai penjual maupun nasabah sebagai pembeli mendapatkan kemudahan solusi pembayaran digital. Mereka bisa menerima atau melakukan transaksi menggunakan seluruh penyedia jasa sistem pembayaran QRIS yang telah terdaftar di Bank Indonesia dan terhubung di seluruh jaringan QRIS. Baca Juga: BI dorong perluasan merchant QRIS hingga ke pasar Sementara, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta bilang hingga awal November 2021 terdapat 12,11 juta merchant yang tergabung dalam inisiatif QRIS. “Transaksi QRIS di September 2021 saja sebanyak 40 juta kali transaksi atau naik 264% yar on year (YoY), sedangkan dari sisi nominal mencapai Rp 2,9 triliun atau naik 248% yoy.,” ujar Fili kepada Kontan.co.id.