Tips Agar Baterai iPhone Tahan Lebih Lama, Gunakan 2 Cara Mudah Ini



MOMSMONEY.ID - Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan baterai yang tidak tahan lama. Ternyata ada tips agar baterai iPhone tahan lebih lama. 

Tips agar baterai iPhone tahan lebih lama juga akan meningkatkan kesehatan baterai ponsel. 

Membuat baterai iPhone tahan lebih lama sebenarnya dapat Anda lakukan dengan cara tidak terlalu banyak menggunakan aplikasi yang menguras baterai. 


Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Kasur Agar Tahan Lebih Lama, Bolehkah di Gudang?

Mengutip CNET, berikut ini tips agar baterai iPhone tahan lebih lama :

1. Berhenti Menggunakan Widget di Layar Kunci iPhone

Semua widget di layar kunci memaksa aplikasi Anda untuk berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget, seperti skor olahraga atau cuaca.

Karena aplikasi ini terus-menerus berjalan di latar belakang karena widget Anda, itu berarti aplikasi tersebut terus-menerus menguras daya.

Baca Juga: Tips Membuat Baterai di iPhone 16 Series Lebih Awet dan Panjang Umur

Jika Anda ingin membantu menghemat baterai di iOS 17, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menghindari widget di layar kunci (dan layar beranda).

Cara termudah untuk melakukannya adalah beralih ke profil layar kunci lain: Tekan jari Anda ke bawah pada layar kunci yang ada, lalu geser untuk memilih yang tidak memiliki widget.

Jika Anda hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci Anda, tekan Kustomisasi, pilih opsi Layar Kunci, ketuk kotak widget lalu tekan tombol "—" pada setiap widget untuk menghapusnya.

2. Matikan Getaran Keyboard iPhone

Anehnya, keyboard pada iPhone tidak pernah memiliki kemampuan untuk bergetar saat Anda mengetik, sebuah tambahan yang disebut "haptic feedback" yang ditambahkan ke iPhone dengan iOS 16.

Baca Juga: Kapasitas Baterai iPhone 16 yang Mengalami Kenaikan Jadi Lebih Tahan Lama

Alih-alih hanya mendengar suara klik-klak, haptic feedback memberikan getaran pada setiap tombol, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mendalam saat Anda mengetik. Menurut Apple, fitur yang sama juga dapat memengaruhi masa pakai baterai.

Menurut halaman dukungan Apple tentang papan ketik ini, umpan balik haptik "dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone Anda."

Tidak ada informasi spesifik mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh fitur papan ketik ini, tetapi jika Anda ingin menghemat baterai, sebaiknya fitur ini dinonaktifkan.

Untungnya, fitur ini tidak diaktifkan secara default. Jika Anda telah mengaktifkannya sendiri, buka Setelan >  Suara & Haptik > Umpan Balik Keyboard dan matikan  Haptik untuk menonaktifkan umpan balik haptik pada keyboard Anda.

Jadi itulah beberapa tips agar baterai iPhone tahan lama. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Gibran Dapat Bocoran Soal Kabinet Prabowo Saat Pertemuan dengan Jokowi di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria