Tips agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Moms!



MOMSMONEY.ID - Moms, rupanya begini tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu. Bisa dicoba, lho.

Setiap orang tua tentu menginginkan buah hati mereka tumbuh dengan sehat dan optimal, termasuk dalam hal berat badan. Namun, ada kalanya bayi terlihat lebih kurus dari yang diharapkan, sehingga membuat orang tua khawatir.

Jika Moms sedang mencari tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu, MomsMoney telah merangkumkan tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan berat badan bayi dengan cara yang sehat.


Baca Juga: 5 Minuman yang Harus Dihindari Jika Kulit Rentan Berjerawat, Apa Saja?

Menyadur dari laman Ibu dan Balita, berikut adalah tipsnya:

1. Berikan ASI Lebih Sering

Cara paling mudah untuk membantu bayi cepat gemuk adalah dengan memberikan ASI sesering mungkin. Pemberian ASI secara teratur dapat membantu bayi mencapai berat badan ideal.

Usahakan untuk menyusui setiap 2-3 jam dengan durasi sekitar 20 menit. Jika bayi terlihat mengantuk atau berhenti sebelum 20 menit, Moms bisa mengganti posisi menyusui agar bayi tetap mendapatkan ASI yang cukup.

2. Berikan MPASI Bergizi Tinggi

Jika bayi Moms sudah mulai makan makanan pendamping ASI (MPASI), pastikan Moms memberikan MPASI yang kaya nutrisi. MPASI bergizi tinggi dapat membantu meningkatkan berat badan bayi dengan cepat.

Pilih makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan protein tinggi seperti ayam atau daging. Selain itu, Moms bisa membuat variasi menu agar bayi tidak bosan dan asupan nutrisinya tetap seimbang.

Baca Juga: Benarkah Aturan Susu Formula Sebabkan Ibu Tak Berikan ASI untuk Anak?

3. Lakukan Pijat Bayi

Pijat bayi secara lembut bisa membantu menambah berat badan, terutama pada bayi yang lahir prematur. Berdasarkan penelitian, pijatan lembut pada tubuh bayi bisa merangsang sistem saraf yang mendukung proses pencernaan.

Lakukan pijatan sebanyak 3 kali sehari untuk membantu perkembangan bayi secara optimal.

4. Perhatikan Waktu Tidur Bayi

Tidur yang cukup juga penting agar bayi cepat gemuk. Bayi yang baru lahir memerlukan sekitar 14 jam tidur setiap hari. Berikut rincian waktu tidur yang ideal berdasarkan usia:

  • 0-3 bulan: 14-17 jam per hari
  • 3-7 bulan: 12-16 jam per hari
  • 7-12 bulan: 12-16 jam per hari
Pastikan bayi Moms mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tubuhnya dapat tumbuh dengan optimal.

Baca Juga: 6 Tips Traveling Sambil Bawa Bayi Tanpa Kesulitan, Semua Aman dan Bikin Ibu Nyaman

5. Perhatikan Nutrisi Ibu

Jika masih menyusui, pastikan Moms juga mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Nutrisi yang Moms konsumsi akan memengaruhi pertumbuhan bayi.

Makanan yang bisa Moms konsumsi untuk membantu bayi cepat gemuk meliputi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, gandum, oat, kacang-kacangan, serta sumber protein seperti telur, ikan, dan ayam.

Jika Moms kesulitan memberikan ASI, konsultasikan dengan dokter tentang pemberian susu formula yang tepat untuk bayi 0-6 bulan.

Beberapa bayi mungkin memerlukan susu formula untuk membantu pertumbuhan berat badan mereka, tapi pastikan Moms mendapatkan rekomendasi yang sesuai dari tenaga medis.

Baca Juga: 7 Minuman Terbaik untuk Mengurangi Jerawat di Wajah, Cek di Sini

Itulah tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu yang dapat Moms coba terapkan. Selain itu, penting bagi Moms untuk memahami tahap pertumbuhan bayi yang normal sesuai usianya. Melansir dari Halodoc, berikut penjelasannya:

Usia 0 hingga 3 bulan

Pada usia ini, bayi biasanya tumbuh sekitar 1,5 hingga 2,5 sentimeter setiap bulan dan berat badannya bertambah sekitar 140 hingga 200 gram per minggu.

Jika Moms menyusui, usahakan untuk memberikan ASI setiap 2 hingga 3 jam. Untuk yang memberikan susu formula, gunakan takaran 1-2 ons per pemberian dengan frekuensi yang sama.

Usia 3 hingga 7 bulan

Memasuki usia 3 bulan, penambahan berat badan bayi mulai melambat, sekitar 110 gram per minggu. Di usia 5 bulan, berat badan bayi biasanya akan mencapai dua kali lipat dari berat lahirnya.

Walaupun beberapa bayi mungkin menunjukkan minat terhadap makanan padat, sebaiknya Moms menunggu hingga bayi berusia 6 bulan sebelum memperkenalkannya.

Baca Juga: 15 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Usia 7 hingga 12 bulan

Pada tahap ini, bayi akan bertambah berat sekitar 85 hingga 140 gram per minggu atau sekitar 900 gram setiap bulan. Ketika bayi menginjak usia 12 bulan, berat badannya biasanya sudah tiga kali lipat dari berat lahir.

Setelah mencapai usia 1 tahun, bayi mulai bisa makan sendiri, yang bagus untuk mengenalkan tekstur makanan dan melatih kemandirian. Ajak bayi untuk makan bersama anggota keluarga lain untuk membangun ikatan dan kebersamaan.

Semoga informasi terkait tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu ini bermanfaat, ya, Moms.

Selanjutnya: Rahasia Punya BB Ideal, Ikuti 9 Tips Gemukin Badan yang Aman Ini yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas