Tips belanja sambut Harbolnas ala Shopos



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pesta hari belanja online nasional (Harbolnas) tinggal hitungan jam atau 12.12. Sebagian masyarakat menggunakan momentum ini untuk berbelanja online. Tak sedikit masyarakat menyiapkan sejumlah bujet jauh-jauh hari dalam menyambut Harbolnas.

Potongan harga besar-besaran pun digelar oleh berbagai pelaku e-commerce. Tak hanya disitu, juga ada penawaran gratia ongkos kirim, hingga undian dengan hadiah menarik.

Waspadai adanya peningkatan usaha phishing yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menjadi hal yang penting.

Managing Director Sophos untuk ASEAN dan Korea Sumit Bansal berikan beberapa tips dari Sophos pada Harbolnas agar menghindari penipuan:

1. Jika diskon online atau penawaran via email terlihat terlalu menggiurkan, bisa jadi itu tidak benar adanya.

Segeralah hapus, atau keluar dari situs itu. Cara terbaik untuk menguji apakah suatu diskon benar adanya dengan mengunjungi situs atau katalog vendor/merek langsung untuk melihat harga asli dan pengumuman diskon, dan jangan langsung mengklik tautan yang ada dalam email karena Anda tidak tahu apakah itu berbahaya atau tidak.

2. Silahkan saja melihat-lihat diskon di situs e-dagang tapi perhatikan jaringan nirkabel yang terhubung ketika Anda hendak melakukan pembelian

3. Berhati-hatilah dengan ‘Typosquatting’

Sering melihat penjahat online membuat situs dengan mengganti satu atau dua huruf yang menyerupai situs merek asli? Tujuannya adalah supaya menipu Anda untuk melakukan pembelian dan menggali informasi pribadi. Senantiasalah cek ejaan, dan teliti terhadap usaha penipuan ala typosquatting yang pernah terjadi melalui situs Tvvitter.

4. Pastikan password atau kata sandi aman, panjang dan kompleks

Buatlah sandi atau password Anda berbeda dan susah ditebak. Masukkan angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol, agar tidak bisa dijebol dengan mudah, tapi jangan sampai Anda sendiri lupa.

5. Jika ragu mengklik tautan di email, lihat dahulu ke mana tujuan URL sebenarnya

Terlambat? Jika Anda merasa sudah menjadi korban penipuan phishing, langsung ganti password atau kata sandi Anda sekarang juga. Lakukan pengecekan dengan mendatangi atau menghubungi bank Anda untuk memeriksa adanya transaksi yang mencurigakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto