KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat liburan adalah momentum untuk bepergian bersama keluarga. Berbagai kondisi di jalan saat liburan seperti jalan yang padat dan macet, tidak menutup kemungkinan mobil Anda mengalami risiko di jalan seperti mobil mogok serta insiden yang melibatkan bodi kendaraan. Mulai dari rusak ringan seperti baret ringan akibat tersenggol kendaraan lain, bahkan hingga kecelakaan berat atau mobil dicuri. "Anda bisa memanfaatkan layanan klaim asuransi dari BRI Insurance hanya cukup dari genggaman lewat aplikasi BRINSMobile," ujar Fenti Octaviani Corporate Secretary Division BRI Insurance dalam keterangannya, Jumat (9/2).
Ada hal yang wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar. Kondisi ini penting dipastikan agar pengajuan klaim kendaraan Anda dapat ditangani secara cepat sampai mobil diperbaiki dan kembali mulus sesuai harapan.
1. Cek Masa Berlaku Asuransi Mobil Sebaiknya Anda memastikan bila polis asuransinya masih aktif, jangan sampai masanya sudah habis sehingga kendaraan Anda tidak ter-cover. Anda juga perlu melakukan pengecekan jenis asuransi yang digunakan. Hal ini biasanya tergantung dari jenis polis yang dipilih saat melakukan penutupan asuransi kendaraan.
2. Siapkan Dokumen Pendukung Klaim Asuransi Siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi secara online maupun offline. Biasanya berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang juga tidak mati. Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk memperkuat klaim asuransi. Dokumen resmi yang bermasalah (mati) bisa mengakibatkan klaim kamu ditolak. Apabila kamu melakukan lapor klaim pada layanan asuransi via online, persiapkan dokumen tersebut dengan melakukan scan atau foto dokumen sesuai kebutuhan dan syarat klaim. 3. Segera Lakukan Lapor Klaim lewat Aplikasi Bila semua syarat sudah lengkap dan asuransi masih aktif, Anda disarankan segara membuat laporan di fitur lapor klaim yang tersedia pada aplikasi BRINSMobile dan layanan dapat diakses 24/7 dan setelah dilakukan pelaporan melalui brinsmobile atau channel lain akan langsung di respons oleh petugas klaim 1x24 Jam hingga laporan sudah diterima dan mendapat persetujuan sampai perbaikan kendaraan kamu sudah ditangani oleh pihak bengkel. Baca Juga: Punya Ekuitas Kuat, BRI Life: Hadirnya POJK 23/2023 Tak Berdampak Ke Perusahaan 4. Monitoring Proses Klaim Secara Online Dalam proses perbaikan mobil di bengkel rekanan asuransi, Anda dapat melakukan monitoring proses klaim secara online. Memonitoring proses klaim dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu dapat di akses melalui aplikasi BRINSMobile, pilih sub menu Claim untuk memasukkan nomor tiket lapor klaim serta nomor plat kendaraan, lalu akan muncul nomor polis kendaraan tertanggung yang sudah dilaporkan. Selanjutnya Anda dapat melakukan monitoring proses klaim kendaraan atas nomor polis kendaraan lewat handphone. Selain lewat aplikasi BRINSmobile fitur lapor klaim dan claim tracking juga dapat diakses melalui beberapa channel layanan di antara WhatsApp official di 08118014081, contact center 14081 dan website www.brins.co.id.