Tips Terhindar dari Microsleep Saat Berkendara



MOMSMONEY.ID - Microsleep atau kondisi di mana seseorang secara singkat tertidur tanpa disadari sangat berbahaya, terutama saat sedang berkendara. Hanya butuh beberapa detik kehilangan kesadaran, dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Karena terjadinya sangat singkat, orang sering kali tidak sadar tengah mengalami microsleep. Namun, dalam waktu singkat tersebut, potensi kecelakaan bisa sangat tinggi, apalagi jika saat berkendara dalam kecepatan tinggi atau berada dalam lalu lintas yang ramai.

Marketplace asuransi terpercaya di Indonesia yang pelaksanaannya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lifepal.co.id memberikan tips agar terhindar dari microsleep saat berkendara. Yuk simak di bawah ini :


1. Cukup tidur sebelum berkendara

Sebelum melakukan perjalanan, terutama jarak jauh, pastikan tidur yang cukup dengan durasi minimal 7-8 jam. Kondisi ini akan membantu otak tetap segar dan waspada selama perjalanan.

2. Beristirahat secara berkala

Jika harus berkendara untuk waktu lama, pastikan telah beristirahat secara berkala. Setiap dua jam, berhenti sejenak untuk meregangkan otot dan membiarkan otak beristirahat. Dengan begitu, dapat mencegah kelelahan yang bisa memicu terjadinya microsleep.

3. Hindari berkendara di jam rawan

Jam rawan untuk berkendara, seperti tengah malam hingga dini hari adalah waktu di mana otak secara alami merasa lelah. Jika memungkinkan, hindari berkendara pada jam-jam ini, apalagi jika tidak terbiasa.

Namun, jika terpaksa harus berkendara di waktu tersebut, pastikan membawa mobil dalam kondisi yang benar-benar segar dan waspada.

Baca Juga: Berikut Cara Mencegah Mesin Mobil Agar Tidak Overheat

4. Konsumsi kafein dengan bijaksana

Kafein dapat membantu seseorang tetap terjaga, asalkan dikonsumsi dengan bijaksana. Jika merasa mulai mengantuk, minumlah kopi atau minuman kafein lainnya. Namun, jangan sepenuhnya bergantung pada kafein yang efeknya hanya bersifat sementara. Pastikan tetap cukup beristirahat.

5. Pentingnya memiliki perlindungan asuransi mobil

Microsleep bisa terjadi kapan saja, dan akibatnya bisa sangat berbahaya. Itulah mengapa pentingnya memiliki perlindungan kendaraan yang komprehensif seperti asuransi mobil All Risk.

Dengan asuransi yang tepat, maka akan memberi rasa tenang saat berkendara, karena tahu telah terlindungi dari risiko finansial jika terjadi kecelakaan. Jadi jangan tunggu sampai terlambat, pastikan telah memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan!

Baca Juga: 3 Promo KFC 1-30 September 2024 dari Gratis Fanta Float hingga Paket Jagoan Hemat

Selanjutnya: Masuk Putaran Ke-3, Perundingan Indonesia-Peru CEPA Mulai Bahas Akses Pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika