KONTAN.CO.ID - Pekerja perlu menerapkan
work life balance agar terhindar dari stres berlebihan dan kesehatan mental terjaga. Beberapa pekerja sering melupakan kehidupan pribadinya dan fokus pada pekerjaan. Imbasnya, mereka sering merasa stres karena pekerjaan tersebut. Di sisi lain, ada pekerja yang lalai pada pekerjaannya karena terlalu mementingkan kehidupan pribadi. Hal ini tentu sangat merugikan perusahaan dan pekerja tersebut. Karenanya, Anda perlu menerapkan
work life balance dengan baik.
Dengan mengatur
work life balance, Anda bisa mendapatkan kehidupan pribadi dan kantor yang seimbang. Anda bisa tetap produktif bekerja dan di sisi lain kehidupan pribadi tetap berjalan dengan baik. Mari simak tips tentang
work life balance yang baik di bawah ini yang dihimpun dari
The Muse dan
Forbes:
Agar
work life balance Anda berjalan dengan baik, buat batasan-batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Setelah pulang kantor, usahakan untuk tidak mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Cobalah untuk menghindari membuka
chat atau email yang tentang pekerjaan. Cara ini bisa membuat kehidupan Anda lebih sehat karena masalah pribadi dan pekerjaan tidak tercampur.
Baca Juga: Lowongan kerja di Astra Otoparts terbaru Agustus 2021 untuk fresh graduate Berolahraga bisa membuat pikiran dan tubuh lebih segar dan sehat. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi stres akibat pekerjaan yang menumpuk. Kadar endorfin pada tubuh akan meningkat dengan berolahraga. Endorfin tersebut membantu tubuh mengurangi rasa sakit dan stres serta membuat tubuh lebih rileks. Contoh olah raga yang pas untuk
work life balance adalah yoga. Selain yoga, Anda bisa memilih olahraga lain yang pas untuk Anda.
-
Bergaul dengan orang lain
Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berinteraksi dengan orang lain. Bertemu dan bersosialisasi dengan orang lain bisa menjaga Anda dari stres. Cara ini bisa membuat program
work life balance Anda berjalan lebih baik. Sempatkan waktu untuk bertemu dengan orang baru atau berkumpul dengan sahabat dekat. Namun demikian, tetap prioritaskan diri Anda. Jika memang Anda butuh istirahat, lebih baik hindari pertemuan yang tidak penting.
Baca Juga: Pendaftaran beasiswa Tanoto Foundation sudah dibuka, simak persyaratannya -
Jangan membuang waktu pada hal-hal yang tidak penting
Gunakan waktu Anda untuk hal-hal yang menyenangkan untuk mengembalikan mood dan tenaga. Setelah bekerja seharian, pastinya Anda membutuhkan istirahat. Meski begitu, terkadang teman Anda meminta untuk bertemu atau bermain. Jika tidak terlalu penting, lebih baik dihindari. Obrolan yang tidak penting justru membuat energi Anda terkuras. Bisa saja Anda justru tambah stres karena tidak cukup istirahat.
-
Manfaatkan akhir pekan dengan baik
Rata-rata pekerja bekerja selama 5-6 hari dalam seminggu. Artinya akhir pekan menjadi saat-saat dimana pekerja bisa benar-benar istirahat. Meskipun hanya 1-2 hari saja, manfaatkan waktu libur dengan sebaik-baiknya agar
work life balance Anda maksimal. Manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat, jalan-jalan, atau melakukan hobi. Memaksimalkan waktu libur bisa menanggulangi stres selama bekerja.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News