TNI Siagakan 10 KRI dan 3.500 Pasukan Marinir untuk Amankan Pelantikan Prabowo-Gibran



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TNI Angkatan Laut (AL) menyiagakan 10 KRI di perairan Teluk Jakarta untuk mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

KRI yang mengamankan proses pelantikan ini berasal dari sejumlah satuan TNI AL, yang memang disiapkan sejak Hari Ulang Tahun (HUT) TNI 5 Oktober lalu, hingga selesainya proses pelantikan.

Baca Juga: Gemuknya Kabinet Prabowo Tidak Jadi Jaminan Selesaikan Persoalan


"TNI AL bersama TNI lainnya serius dalam melaksanakan pengamanan. Itu misi utama," kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangan yang diterima dari Dinas Penerangan Angkatan Laut, Kamis (17/10/2024).

Namun tak dirinci nama-nama KRI yang disiagakan tersebut.

Selain KRI, lebih dari 3.500 pasukan Marinir TNI AL dari Jakarta dan Surabaya juga dikerahkan guna mengamankan proses pelantikan nanti.

TNI AL juga mengerahkan satuannya dari Pusat Penerbangan TNI AL sebagai unsur udara dalam pengamanan pelantikan.

Baca Juga: Kapan Kabinet Prabowo Diumumkan ke Publik? Ini Jadwal dan Informasinya

Pusat Penerbangan AL kemudian menyiagakan alat utama sistem senjata (alutsista) yang memiliki spesifikasi anti kapal selam seperti Heli Panther HS-1308, Heli Panther HS-1311 dan CN P-8305 dalam proses pengamanan 20 Oktober 2024.

Berbagai kesiapan tersebut, jelas Kasal, sebagai wujud bahwa TNI AL berkonsentrasi penuh dalam mensukseskan transformasi kepemimpinan Kepala Negara.

Untuk diketahui, presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Pelantikan ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 mengenai tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Tonton: Makan Bergizi Gratis Bakal Diberikan Dua Kali Sehari, Ini Penjelasan Adik Prabowo

Upacara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta.

Setelahnya, Prabowo-Gibran dijadwalkan menuju Istana Negara Jakarta untuk melangsungkan upacara pisah sambut bersama Jokowi-Maruf Amin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 KRI, Ribuan Personel hingga Pesawat Antikapal Selam TNI AL Amankan Pelantikan Prabowo", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/18/05414281/10-kri-ribuan-personel-hingga-pesawat-antikapal-selam-tni-al-amankan.

Selanjutnya: IHSG Menguat 0,2% Pada Perdagangan Jumat Pagi (18/10)

Menarik Dibaca: IHSG Menguat 0,2% Pada Perdagangan Jumat Pagi (18/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto