Tok! Airlangga Setujui Tiga KEK Baru, Ada KEK BSD



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah menetapkan tiga KEK baru.

Ia menyebut, ketiga KEK tersebut di antaranya KEK Bumi Serpong Damai (BSD), KEK Pariwisata Kesehatan International Batam dan KEK Morowali. Airlangga menegaskan, KEK BSD akan difokuskan untuk pengembangan sektor kesehatan, pendidikan dan teknologi.

"Jelas ya, KEK kesehatan, pendidikan dan teknologi. Bukan properti," ujar Airlangga saat ditemui di kantornya, Rabu (29/5).


Kemudian KEK Pariwisata Kesehatan International Batam akan difokuskan pada sektor kesehatan. Dalam hal ini, pemerintah akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Apollo dari India.

Baca Juga: Targetkan Masuk OECD di 2027, Menko Airlangga: Tax Ratio Bisa Lebih Baik

"Itu diharapkan bisa memberikan kesehatan yang tingkat baik untuk masyarakat di Kepulauan Riau dan Sumatera Utara," katanya.

Dan terakhir adalah KEK Morowali yang akan difokuskan untuk pengembangan nikel yang nantinya akan melibatkan PT Vale Indonesia Tbk. (INCO).

Dirinya juga memastikan bahwa pengembangan ketiga KEK tersebut tidak menggunakan APBN, melainkan murni dikembangkan oleh swasta. 

"Swasta murni semuanya," pungkas Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi