Tokio Marine Indonesia Sebut Terapkan Kecerdasan Buatan dalam Proses Klaim



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan patungan antara Tokio Marine Asia Pte Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia, Tokio Marine Indonesia (TMI), telah menerapkan Artificial Intelligence (AI) dalam proses klaim.

Digital Strategy Tokio Marine Indonesia Foster Kurniawan mengatakan penggunaan AI diterapkan dalam proses klaim untuk mendeteksi potensial fraud yang terjadi. 

"Hal itu sudah diterapkan kami di klaim asuransi kendaraan dan asuransi perlindungan pengiriman barang partnership kami dengan e-commerce," ucapnya dalam konferensi pers di Gedung Sentral Senayan I, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).


Foster menerangkan penggunaan AI juga berfungsi untuk mengurangi kerugian perusahaan dan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap TMI.

Baca Juga: Masuk Usia 32 Tahun, AKKAI Komitmen Kembangkan Kolaborasi dan Pendidikan

Selain proses klaim, Foster menjelaskan AI juga diterapkan dalam proses call center. Dia menyebut AI Voicebot Hikaru merupakan AI yang merevolusi call center

"Jadi, robot hikaru kami itu memiliki kemampuan melakukan telepon otomatis ke 1.000 customer per hari dan memiliki kemampuan berbicara selayaknya manusia. Dengan demikian, bisa komunikasi dua arah," ujarnya.

Mengenai mekanismenya, Foster menjelaskan apabila customer ditelepon dan bertanya, maka AI Hikaru bisa menjawab sesuai pertanyaan. Dia menyatakan Hikaru juga berfungsi melayani customer yang memiliki polis jatuh tempo, sehingga kalau polis mau habis, bisa di-renewal

"Hikaru juga bisa menawarkan produk-produk asuransi lainnya ke customer," katanya.

Sementara itu, Foster mengklaim bahwa sebesar 99% orang yang berkomunikasi dengan AI Hikaru, mereka tak sadar sedang berbicara dengan AI, tetapi yang mereka pikir sedang berbicara dengan manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi