KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan asuransi umum, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia telah membayar klaim kecelakan kendaraan bermotor sebesar Rp 171 miliar per Oktober 2024.
Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia, Sancoyo Setiabudi menuturkan bahwa angka tersebut justru mengalami penurunan sebesar 7% secara tahunan atau
year on year (YoY), di tengah masih tingginya angka kecelakaan. Data dari Integrated Road Safety Manajemen System (IRSMS) Korlantas Polri, terdapat kasus kecelakaan sebanyak 79.220 hingga 5 Agustus 2024. Di mana, kecelakaan tertinggi terjadi pada April 2024, yang mencapai 11.924.
Sedikit berbeda, Sancoyo mengatakan klaim tertinggi perusahaan tercatat pada Mei 2024. Ia menyebutkan pada bulan ini nasabah melakukan klaim karena mobilitas kendaraan sedang tinggi akibat libur panjang hari raya lebaran Idul Fitri.
“Lalu, terbatasnya operasional bengkel selama bulan puasa juga berkontribusi pada penundaan pelaporan klaim, sehingga banyak klaim yang tercatat pada bulan setelahnya, yaitu Mei,” kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (15/11).
Baca Juga: Asuransi Tokio Marine Catatkan Penurunan Pendapatan Premi 1% Hingga Oktober 2024 Terkait proyeksi peningkatan klaim, Sancoyo menyebut bahwa secara umum perusahaan melihat memang ada kecenderungan peningkatan jumlah klaim kendaraan bermotor menjelang akhir tahun ini. Hal tersebut karena volume lalu lintas yang cukup tinggi menjelang libur natal dan tahun baru.
“Terlebih, kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang yang sering terjadi sekarang dan akan berlanjut hingga di penghujung tahun, juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan,” imbuhnya.
Untuk itu, Sancoyo mengatakan perusahaan telah mempersiapkan sejumlah layanan untuk mempermudah proses klaim kendaraan bermotor bagi nasabah, mengingat klaim akan naik di akhir tahun 2024.
Baca Juga: Tokio Marine Indonesia Beberkan Penyebab Pendapatan Premi Turun per Agustus 2024 Adapun layanan tersebut diantaranya yakni, nasabah dapat mengajukan klaim secara online melalui aplikasi Tokio Clicks yang baru diluncurkan tahun ini. Aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan nasabah untuk mengunggah foto kondisi mobil dan mengajukan klaim dari ponsel, sehingga proses awal klaim lebih cepat dan efisien.
Tak hanya itu, Tokio Marina juga menyediakan layanan pelanggan 24 jam melalui 14006, serta layanan bebas pulsa yang dapat diakses melalui situs resmi Tokio Marine untuk membantu nasabah kapan saja, khususnya saat liburan panjang.
“Kamu juga berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan memberikan layanan yang cepat serta dapat diandalkan, khususnya dalam menghadapi risiko berkendara yang meningkat di akhir tahun,” tandasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Putri Werdiningsih