Tokopedia Academy x Kemenkominfo Ciptakan Generasi Muda Melek Digital Sejak Dini



KONTAN.CO.ID - Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, melalui Tokopedia Academy bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) mengadakan Tokopedia NextGen, program inkubasi bagi para pelajar Indonesia untuk lebih memahami dunia digital guna mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi.

Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SDM / Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dedy Permadi, Ph.D menyampaikan, “Dukungan terhadap pengenalan industri teknologi sejak dini tentunya akan melahirkan generasi yang tangguh menghadapi persaingan di era digital. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini guna mempercepat transformasi digital tanah air.”

Dalam acara Tokopedia NextGen yang bertema Serba-Serbi Dunia Manajemen Produk dan Desain Produk kali ini, Tokopedia melalui para ahli membagikan tips berkarir di dunia teknologi khususnya di bidang pengembangan dan desain produk.


1.    Pelajari Keterampilan Dasar - “Sebagai seorang desainer produk, salah satu keterampilan terpenting adalah memahami kebutuhan pengguna. Bisa menempatkan diri pada posisi pengguna menjadi penting saat kita membangun produk yang ditujukan untuk mereka,” ungkap Product Design Lead Tokopedia, Adze Ganesha.

Di sisi lain, Lead Product Manager Tokopedia, Priscilla Rasmana, menyampaikan, “Kemampuan berpikir analitis dalam memproses data menjadi salah satu keterampilan dasar yang perlu dimiliki untuk mereka yang tertarik menjadi seorang manajer produk.”

2.    Perluas Pengetahuan - “Perbanyak membaca. Misalnya, belajar tentang ilmu perilaku, atau industri dan produk yang menarik bagi kita. Karena inovasi seringkali datang ketika kita bisa mengombinasikan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki,” papar Senior UX Researcher Tokopedia, Michael Kendro.

3.    Lihai Berkolaborasi - Saat mengembangkan sebuah produk, ada banyak pihak yang akan terlibat. Adze menyebutkan, “Kita perlu punya keterampilan berkolaborasi, bagaimana kita dapat bekerja sama serta membuat keputusan yang saling menguntungkan dan menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen.”

4.    Kemampuan Berkomunikasi - Sebagai manajer produk, desainer produk maupun periset, kemampuan berkomunikasi menjadi keahlian yang harus dimiliki. “Keterampilan berkomunikasi sesuai dengan target audiens sangat penting agar kita bisa menyampaikan ide-ide kita sehingga orang lain dapat memahaminya dan ide-ide tersebut bisa menjadi realita,” ungkap Priscillia.

Michael menambahkan, “Supaya mendapatkan pemahaman menyeluruh terkait kebutuhan pengguna, sebagai UX researcher penting untuk bisa berkomunikasi dengan responden saat melakukan kunjungan dan melakukan observasi terhadap lingkungan sekitarnya.”

5.    Gabung Komunitas dan Ikut Pelatihan - “Agar dapat memahami konteks dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja serta pengaplikasiannya, pelajar dapat mengasah keterampilannya melalui beragam kegiatan seperti kursus, magang, kompetisi, lokakarya, bergabung dengan komunitas dan ikut pelatihan seperti Tokopedia Academy,” papar Michael.

 PROFIL PEMBICARA

 Product Design Lead Tokopedia, Adze Ganesha

●    Bergabung di Tokopedia sejak tahun 2016, Adze memulai karier di Tokopedia sebagai UX Designer. ●    Kini, sebagai Product Design Lead Tokopedia, Adze dan tim telah menciptakan berbagai desain produk seperti Tokopedia Salam, Official Store, dan Kolom Pencarian yang dapat bermanfaat bagi pengguna Tokopedia. ●    Adze juga mengajar di beberapa kelas UX, dan menjadi pembicara di beragam seminar tentang desain produk.

 Lead Product Manager Tokopedia, Priscilla Rasmana

●    Bergabung di Tokopedia sejak tahun 2019, Priscilla memulai karir sebagai Senior Product Manager. ●    Hal yang Priscilla sukai dari posisinya saat ini adalah bisa membantu masyarakat khususnya penjual dalam menjalankan operasional dan mengembangkan bisnis mereka, serta memberikan dampak pada perekonomian Indonesia melalui inovasi produk. ●    Priscilla juga bisa terus belajar dapat melihat sesuatu masalah dan kesempatan dari berbagai perspektif khususnya dari sudut pandang entrepreneur dalam mengambil sebuah keputusan.

Senior UX Researcher Tokopedia, Michael Kendro

●    Bergabung di Tokopedia sejak 2018 sebagai UX Researcher. ●    Kini, sebagai Senior UX Researcher Tokopedia, Michael terus melakukan berbagai penelitian serta observasi yang bermanfaat dalam meningkatkan pengalaman bagi pengguna. ●    Michael bersama timnya juga melakukan inovasi dengan mengusulkan metode nudge default, yang optimal dalam meningkatkan program rekomendasi kurir, dan sukses diterapkan oleh tim produk.   

Researcher The Center for Digital Society UGM, Iradat Wirid

●    Iradat merupakan Manajer Divisi Community Outreach, Publications dan Social Media di Center for Digital Society Universitas Gadjah Mada. ●    Lulusan dari Jurusan Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada ini tertarik pada isu-isu media sosial, big data, ekonomi digital hingga kebijakan pemerintah dan politik.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti