Tokopedia dan ShopTokopedia Resmi Luncurkan ShopTokopedia Mall



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia bersama ShopTokopedia (sebelumnya Tiktok Shop) secara resmi meluncurkan ShopTokopedia Mall. 

Senior Director of Ecommerce Shop Tokopedia Stephanie Susilo mengatakan, melalui peluncuran ini Tokopedia dan ShopTokopedia melengkapi satu sama lain demi membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis menjangkau pasar lebih luas dan makin menjadi pilihan masyarakat. 

"Melalui ShopTokopedia Mall, kami ingin membantu pelaku usaha di Indonesia melakukan ekspansi dan eskalasi bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi daring." unkapnya dalam acara peluncuran ShopTokopedia Mall, di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (19/07). 


Baca Juga: Meski Melambat, Bisnis E-Commerce Masih Menarik

Untuk diketahui, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat ada kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform. Di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. 

Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024.

"Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menghasilkan berbagai dampak positif. Peningkatan jumlah penjual di masing-masing platform membuat Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terdiri atas lebih dari 21 juta penjual. Hal ini memungkinkan masyarakat mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik," jelas Stephanie.

Baca Juga: Meski Tokopedia sudah di TikTok, William Tanuwijaya Tetap Tambah Saham GOTO

Menurut hasil survei MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menarik lebih banyak pengguna loyal.

Tercatat 79% pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77% pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia.

Alasannya yaitu pengguna ingin merasakan berbagai fitur inovatif sekaligus pengalaman baru berbelanja online.

Berdasarkan data internal Tokopedia maupun ShopTokopedia, berbagai kampanye kolaborasi antara dua platform juga berhasil meningkatkan transaksi para penjual. 

Baca Juga: GoTo Luncurkan Strategi Pengembangan AI Terbaru dengan Perkenalkan Dira

"Misalnya, kampanye Ramadan Ekstra Seru membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%, Promo Guncang 5.5 meningkatkan transaksi sebesar lebih dari 66%, dan Promo Guncang 6.6 membuat transaksi naik lebih dari 72%," ungkap Stephanie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto