Tokopedia Luncurkan Dipromosikan Affiliate, Pengguna Mudah Dapat Penghasilan Tambahan



KONTAN.CO.ID - Di era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil belanja atau sebaliknya. Era ini menjadi peluang bagi pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM, untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan relevan bagi konsumen. Hal ini melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Tokopedia Affiliate di awal tahun 2022.

“Tokopedia Affiliate mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui link afiliasi yang bisa dibagikan lewat konten media sosial. Tokopedia Affiliate di sisi lain bisa memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran pelaku usaha menjadi lebih interaktif dan menarik,” kata Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10% setiap produk berhasil terjual dari link afiliasi yang mereka bagikan. Ada juga komisi tambahan Rp10 untuk setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.


“Siapa pun dengan media sosial yang aktif–tanpa minimal jumlah followers–bisa mendaftar sebagai Affiliate. Inisiatif Tokopedia Affiliate sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia,” jelas Nirmala.

Kehadiran Tokopedia Affiliate disambut positif oleh masyarakat. Terbukti dari jumlah Affiliate yang naik hampir 16 kali lipat pada Juni 2023, dibandingkan dengan akhir bulan pertama saat Tokopedia Affiliate diluncurkan.              Penjual bisa kasih komisi tambahan lewat Tokopedia Affiliate supaya makin laku di pasaran Selain mempermudah masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan, Tokopedia melalui inisiatif Tokopedia Affiliate juga berupaya membantu tumbuh kembang bisnis para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM.

“Untuk memaksimalkan dampak Tokopedia Affiliate bagi masyarakat termasuk pelaku UMKM, kami meluncurkan fitur Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate.

Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala.

Fitur ini berkontribusi positif terhadap bisnis para pelaku usaha. Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut.

Upaya Tokopedia bantu asah skill masyarakat menjadi influencer Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang inklusif, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif guna membantu siapa pun mengasah skill menjadi influencer berkomisi. Salah satunya, Akademi Kreator Tokopedia.

Program ini mewadahi Affiliate berkomunitas dan memberikan akses gratis terhadap berbagai materi edukasi yang bisa mengasah skill sebagai kreator konten, seperti membuat skrip video, membuat konten yang menarik banyak audience dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia rutin menyelenggarakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day sebagai wadah bagi Affiliate untuk memperluas koneksi dengan sesama kreator konten dan brand, mendapat wawasan lewat talkshow edukatif dan mengikuti berbagai aktivitas dan produk eksklusif.

“Melalui GEMBIRA, Tokopedia ingin memberikan support kepada Affiliate untuk terus mengembangkan potensi sebagai kreator konten. Harapannya, acara ini juga dapat mendukung kolaborasi antara Affiliate dengan pelaku usaha atau pemilik bisnis di Indonesia,” ujar Nirmala.

Berawal kena PHK, Amelia bangkit berkat Tokopedia Affiliate Di tengah pandemi lalu, Amelia Harmelianti menjadi salah satu karyawan yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) dan kehilangan sumber pendapatan utama. “Walau saya tidak punya skill menjadi kreator konten, saya tetap berusaha pakai Tokopedia Affiliate untuk mendapatkan penghasilan agar bisa bertahan di pandemi,” ujar Amelia.

Untuk mengasah skill membuat konten, Amelia bergabung dalam Akademi Kreator Tokopedia. Lewat akademi ini, Amelia mengaku mendapatkan banyak ilmu yang bisa diterapkan secara langsung, hingga akhirnya berhasil mendapatkan komisi jutaan rupiah per bulan.

Melalui Tokopedia Affiliate, Amelia juga dapat membangun relasi dan berbagi wawasan dengan kreator konten lain, yang sekaligus menginspirasi Amelia untuk melanjutkan karir sebagai kreator konten. Saat ini, Amelia memiliki belasan ribu followers di media sosial. Ia rutin membagikan konten seputar edukasi kesehatan mental serta rekomendasi produk yang relevan dan dapat ditemukan di Tokopedia.

Suartha andalkan Tokopedia Affiliate di tengah sulitnya dapat pekerjaan Keuntungan yang sama juga dialami I Gede Suartha Eriyasa setelah memanfaatkan Tokopedia Affiliate. Pemuda asal Bali ini mengaku komisi yang diperoleh dari Tokopedia Affiliate menjadi sumber pendapatan utama ketika ia belum mendapatkan pekerjaan tetap.

Bahkan setelah mendapat pekerjaan di bidang reparasi laptop dan komputer, Suartha tetap mengandalkan komisi jutaan rupiah yang didapatkan dari Tokopedia Affiliate sebagai tambahan modal usaha dan dana darurat.

Suartha pun membagikan tips sukses menjadi Affiliate atau kreator konten berkomisi lewat Tokopedia Affiliate, “Tentukan bidang yang ingin dibahas. Saya memilih elektronik mulai dari laptop hingga handphone karena hal ini merupakan bidang yang saya kuasai. Setelahnya, tentukan target audiens dan produksi konten yang relevan,” ucap Suartha.

Tentang Tokopedia Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Baca Juga: Berkat Hyperlocal Tokopedia, Transaksi Produk Makanan Minuman di Yogyakarta Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti