Tol Ciawi - Sukabumi Ruas Cigombong - Cibadak Kembali Beroperasi Tanpa Tarif



KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Jalan tol Ciawi – Sukabumi seksi II ruas Cigombong – Cibadak kembali bisa beroperasi . Ini setelah penanganan permanen pasca longsor di jalan tol tersebut sudah selesai diperbaki.  Adapun operasional  ruas jalan tol tersebut sudah mulai sejak 24 September tanpa tarif.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol (TJT), selaku pengelola ruas tol tersebut agar penanganan longsoran secara permanen bisa rampung sebelum akhir tahun ini.

Seperti diketahui setelah kejadian longsor pada Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi II ruas Cigombong - Cibadak, jalan tol sempat ditutup selama penanganan permanen tersebut pada lokasi longsor. Sehingga kendaraan yang melintas dari Sukabumi menuju Ciawi atau sebaliknya harus masuk/keluar melalui gerbang tol Cigombong kemudian perjalanan dilanjutkan kembali menggunakan jalan arteri.


"Kami telah menerima laporan mengenai penanganan longsor dari Trans Jabar Tol dan setelah dilakukan peninjauan lapangan oleh Ditjen Bina Marga dan BPJT serta telah diterbitkan rekomendasi dari Ditjen Bina Marga maka ruas jalan tol Ciawi-Sukabumi seksi II dapat mulai  dioperasikan tanpa tarif pada tanggal 24 September 2024," ujar Kepala BPJT, Miftachul Munir di keterangan, Rabu (25/9).

Baca Juga: Hari Ini Tarif Tol Ciawi – Sukabumi Seksi I Mulai Naik, Simak Rinciannya

Adapun penanganan pada titik lokasi longsor dilakukan beberapa pekerjaan, salah satunya dengan pekerjaan soldier pile, perbaikan lereng timbunan dipasang matras pengendali erosi dan solid sodding.

Sebagai informasi, jalan tol Ciawi - Sukabumi memiliki total panjang 54 km yang terbagi menjadi 4 seksi, yaitu seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Selanjutnya seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,90 km juga telah resmi beroperasi sejak Agustus 2023 lalu. Untuk seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km saat ini sedang dalam konstruksi dengan progres 11,56 km, kemudia  seksi 4 Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km yang saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Jalan tol Ciawi - Sukabumi yang telah terkoneksi dari Ciawi hingga Cibadak ini, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan  lebih cepat dari Jakarta ke Sukabumi selama 2 jam hingga 2,5 jam saja. Dari yang sebelumnya ditempuh selama 4 sampai 5 jam melewati jalan arteri melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda dan Cibadak.

Selanjutnya: Rupiah Jisdor Menguat 0,62% ke Rp 15.092 Per Dolar AS, Rabu (25/9)

Menarik Dibaca: Catat Daftarnya! Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon