TopAds dan Power Merchant jadi sumber pendapatan Tokopedia



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan e-commerce seperti Tokopedia memiliki cara sendiri untuk memperoleh arus pendapatan. Tapi, arus pendapatan itu tidak langsung diambil dari berbagai transaksi di Tokopedia. Hanya sebagian saja yang bersumber dari pelapak yang memanfaatkan fitur tambahan Tokopedia. Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menjelaskan salah satu sumber pendapatan Tokopedia berasal dari TopAds dan Power Merchant. TopAds sendiri di Tokopedia merupakan iklan pelapak yang membuat produk pelapak tersebut berada di urutan teratas di daftar pencarian.

Baca Juga: Blibli.com dukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui promosi destinasi prioritas Mengutip website Tokopedia, sistem pembayaran TopAds adalah cost per click. Jadi pelapak musti membayar setiap kali iklan tersebut diklik oleh pengunjung Tokopedia. Sebelum mengaktifkan itu, pelapak musti sudah mengisi kredit TopAds itu. Jumlah kredit yang tersedia mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 5.000.000. Selain itu adapula Power Merchant. Power Merchant Tokopedia merupakan keanggotaan pelapak yang menawarkan berbagai fitur eksklusif untuk membantu meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 30% dari total pinjaman KoinWorks berasal dari ecommerce

“Penjual yang bergabung Power Merchant cukup membayar biaya layanan 1% ketika produk pelapak berhasil terjual,” jelas Nuraini saat dihubungi Kontan.co.id yang disampaikan oleh PR Specialist Tokopedia, Antonia Adega pada Kamis (12/9). Nuraini mengklaim saat ini Tokopedia tidak menargetkan angka spesifik dari transaksi TopAds dan Power Merchant tersebut. “Tokopedia selalu berkomitmen memberikan tools dan tempat bagi setiap merchant untuk menarik hati pelanggan dengan cara yang efektif,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini