Topan Yagi Menewaskan 59 Orang di Vietnam



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Topan Yagi, yang menjadi badai paling kuat di Asia tahun ini, telah menewaskan sedikitnya 59 orang setelah hujan deras memicu longsor dan banjir saat badai menerjang utara Vietnam selama akhir pekan lalu.

Kerusakan yang Ditimbulkan

Menurut badan manajemen bencana negara, badai ini menyebabkan kerusakan luas pada akhir pekan, dengan hampir 300 orang terluka dan 24 lainnya hilang.

Topan ini menyapu pantai timur laut Vietnam pada hari Sabtu setelah menghantam Cina dan Filipina, membawa hujan deras dan angin kencang yang mengganggu pasokan listrik dan telekomunikasi, khususnya di provinsi Quang Ninh dan Haiphong.


Baca Juga: Topan Yagi Menghantam Vietnam, 35 Orang Tewas

Pada saat topan mendarat, sembilan orang telah dilaporkan tewas. Namun, tambahan 50 orang meninggal dunia akibat banjir dan longsor, sehingga jumlah korban tewas meningkat.

Pada hari Senin, sebuah jembatan runtuh dan sebuah bus terseret oleh banjir, lapor media negara, sementara hujan deras terus mengguyur daerah tersebut, menambah kekhawatiran akan bahaya yang masih berlanjut.

Provinsi yang Paling Terkena Dampak

Provinsi pegunungan Lao Cai mengalami korban jiwa terbanyak dengan 13 orang tewas dalam longsor dan satu orang dalam banjir bandang. Curah hujan di berbagai bagian wilayah yang terkena dampak berkisar antara 208mm hingga 433mm (8,2 hingga 17,1 inci), menurut Pusat Nasional Prakiraan Hidrometeorologi.

Tingkat air di beberapa sungai di utara telah mencapai level berbahaya, menambah risiko banjir bandang dan kerusakan struktural.

Baca Juga: Super Typhoon Yagi Hantam China Selatan, Sekolah Ditutup dan Penerbangan Dibatalkan

Perkiraan Cuaca dan Dampak Lanjutan

Topan Yagi melemah menjadi depresi tropis pada hari Minggu tetapi diperkirakan akan membawa hujan lebih lanjut ke Vietnam. Dalam peringatan pada hari Senin, badan cuaca memperkirakan kemungkinan banjir dan longsor lebih lanjut, dengan risiko yang meningkat di provinsi-provinsi utara seperti Lang Son, Cao Bang, Yen Bai, dan Thai Nguyen.

“Banjir dan longsor merusak lingkungan dan mengancam nyawa manusia,” kata pusat tersebut dalam sebuah pernyataan.

Di antara korban adalah sebuah keluarga yang terdiri dari empat orang yang tewas ketika hujan deras memicu longsor dari lereng bukit ke rumah mereka di provinsi pegunungan Hoa Binh. Enam orang, termasuk bayi baru lahir dan anak berusia satu tahun, juga tewas dalam longsor di pegunungan Hoang Lien Son.

Kerusakan Lainnya

Di laut, 30 kapal tenggelam akibat angin dan gelombang yang kuat di area penguncian kapal di provinsi Quang Ninh sepanjang Teluk Ha Long, situs Warisan Dunia UNESCO. Di darat, hampir 3.300 rumah dan lebih dari 120.000 hektar tanaman rusak.

Baca Juga: Badai Tropis Yagi Menerjang Filipina, Korban Tewas Telah Mencapai 13 Orang

Selain korban manusia, nelayan lokal terpaksa memeriksa kerusakan parah pada kapal dan peralatan mereka setelah badai.

Sebelum menghantam Vietnam, Yagi juga menghantam bagian selatan China dan Filipina, meninggalkan setidaknya 24 orang tewas dan puluhan lainnya terluka di Filipina. Badai ini juga menyebabkan evakuasi lebih dari 400.000 orang di Hainan.

Para ahli telah mencatat tren yang mengkhawatirkan dalam perilaku topan di wilayah tersebut, dengan badai kini terbentuk lebih dekat ke pantai, mempercepat intensitasnya, dan bertahan lebih lama di daratan akibat perubahan iklim. Studi terbaru yang diterbitkan pada bulan Juli memperingatkan tentang peningkatan risiko seiring dengan evolusi pola iklim.

Selanjutnya: Apple akan Luncurkan iPhone 16 Senin (9/9) Ini, Fitur AI Jadi Unggulannya

Menarik Dibaca: Jawa Tengah Waspada Bencana, Peringatan Dini Cuaca Besok (10/9) Hujan Lebat

Editor: Handoyo .
TAG: