Total Pemudik Angkutan Umum Capai 7,2 Juta Hingga H+1



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada 7.219.715 pemudik yang menggunakan angkutan umum hingga H+1 Lebaran atau Rabu (4/5/2022). sebanyak 7.219.715 orang melakukan mudik menggunakan angkutan umum.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, angka itu merupakan data kumulatif yang dihitung mulai H-7 hingga H+1 Lebaran.

"Hingga H+1 kemarin, total pergerakan penumpang angkutan umum pada angkutan lebaran tahun ini mencapai 7.219.715 penumpang,” kata Adita dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Adita memerinci jumlah tersebut ke sejumlah moda transportasi yang digunakan para pemudik. Moda transportasi yang paling banyak digunakan para pemudik yaitu angkutan penyeberangan.

Baca Juga: Arus Balik, Ada Kapal Gratis bagi Pemotor dari Surabaya dan Semarang

"Pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi yaitu sebanyak 2.158.947 penumpang," jelasnya.

Menurut Adita, pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima Pelabuhan Penyeberangan, yakni Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang, dan Kariangau Balikpapan.

Kemudian, angkutan udara sebanyak 1.792.948 penumpang di periode yang sama.

"Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima bandara yakni Soekarno Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali) dan Sepinggan (Balikpapan)," tutur Adita.

Pada angkutan jalan (bus), kata dia, sebanyak 1.415.000 penumpang periode H-7 hingga H+1 Lebaran.

Pergerakan penumpang keberangkatan terpadat angkutan bus ada di lima terminal yakni Kertonegoro Ngawi, Tirtonadi (Solo), Ir. Soekarno (Klaten), Giwangan (Yogyakarta), dan Purboyo (Madiun).

Baca Juga: Saat Arus Balik Lebaran 2022, Ini Link Pantauan Lalu Lintas CCTV Online

"Angkutan kereta api sebanyak 1.168.562 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di lima Daerah Operasi (Daop) yakni Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop IV Semarang, Daop VI Yogyakarta, dan Daop II Bandung," jelas dia.

Terakhir, angkutan laut sebanyak 684.258 penumpang, dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan, yakni Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hingga H+1 Lebaran, Total Pemudik Angkutan Umum Capai 7,2 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto