Toyota Astra Financial Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun, Segini Bunga yang Ditawarkan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Financial Services (TAF) segera menawarkan obligasi dengan tenor pendek bagi para investor. Perusahaan pembiayaan Grup Astra ini akan menawarkan obligasi senilai Rp 1 triliun dalam dua seri.

"Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum obligasi setelah dikurangi biaya-biaya emisi seluruhnya akan dipergunakan oleh perusahaan untuk modal kerja pembiayaan kendaraan bermotor sebagaimana kegiatan usaha perusahaan," ungkap TAF dalam informasi tambahan ringkas yang diterbitkan pada Jumat (25/10) lalu.

Toyota Astra Financial akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Toyota Astra Financial Services Tahap IV Tahun 2024. Obligasi ini adalah bagian dari Obligasi Berkelanjutan IV Toyota Astra Financial Services dengan total nilai Rp 5 triliun.


Dalam tiga tahap sebelumnya, TAF menerbitkan obligasi dengan total nilai Rp 3,13 triliun sejak Juli 2023. Dengan penerbitan tahap keempat senilai Rp 1 triliun, maka masih tersisa potensi penerbitan Rp 872 miliar di tahap selanjutnya, jika ada.

Baca Juga: Bakal Lunasi Utang Jatuh Tempo, Toyota Astra Financial Kantongi Kas dan Obligasi Baru

Di tahap keempat, TAF menawarkan dua seri obligasi jangka pendek, yakni satu tahun dan tiga tahun.

Obligasi seri A memiliki nilai pokok Rp 600 miliar. Obligasi yang jatuh tempo 370 hari kalender atau 1 Desember 2025 ini menawarkan tingkat bunga tetap 6,35% per tahun.

Obligasi seri B memiliki nilai pokok Rp 400 miliar. Obligasi yang jatuh tempo pada 21 November 2027 ini menawarkan tingkat bunga tetap 6,60% per tahun.

Baca Juga: Toyota Astra Financial (TAF) Siapkan Dana Pelunasan Obligasi Sebesar Rp 401,43 Miliar

Berdasarkan pengumuman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Senin (28/10), berikut jadwal penerbitan obligasi TAF:

  • Masa penawaran umum: 14-18 November 2024
  • Penjatahan: 19 November 2024
  • Pengembalian uang pemesanan: 21 November 2024
  • Distribusi obligasi secara elektronik: 21 November 2024
  • Pencatatan di Bursa Efek Indonesia: 22 November 2024
TAF menunjuk empat enjamin pelaksana emisi obligasi. Keempat underwriter obligasi adalah Trimegah Sekuritas Indonesia, Indo Premier Sekuritas, Mega Capital Sekuritas, dan Bahana Sekuritas.

Obligasi ini mengantongi peringkat AAA dari Fitch Ratings Indonesia.

Selanjutnya: Laba Bersih CNOOC Melesat Karena Produksi Minyak dan Gas yang Lebih Tinggi

Menarik Dibaca: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menkomdigi Dorong Digitalisasi Bersama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati