Toyota Astra Motor Siap Luncurkan Model Baru pada Kuartal IV-2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) akan terus berinovasi dengan mengembangkan model baru untuk memperkuat posisi di pasar otomotif nasional. Hal ini disampaikan Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, pada acara Astra Media Day 2024, Kamis (19/9). 

Anton mengungkapkan bahwa pada kuartal IV-2024, Toyota akan meluncurkan model baru di segmen kendaraan komersial. "Kami akan meluncurkan model baru di segmen kendaraan komersial," ujarnya.

Sebelumnya, pada awal September 2024, Toyota telah merilis varian terbaru New Fortuner untuk memperkuat posisi di segmen SUV. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli lalu, Toyota juga memperkenalkan All New Prius Hybrid Electric Vehicle (HEV).


Baca Juga: Toyota Beri Sinyal Bakal Rilis Model Baru Sebelum Tutup Tahun 2024

Selain peluncuran model baru, Toyota juga terus mengembangkan teknologi berbasis flexy-fuel. TAM bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) untuk melakukan riset dan pengembangan kendaraan yang menggunakan bahan bakar berkelanjutan seperti bioetanol dan biodiesel. 

Bahan bakar ini bisa diproduksi dari sumber daya lokal seperti sorgum, jagung, dan tebu, serta dapat dikombinasikan dengan teknologi mesin hybrid dan plug-in hybrid.

Pada GIIAS 2024, Toyota juga telah memperkenalkan mobil konsep Kijang Innova Zenix versi Flexy-Fuel. Anton menjelaskan, "Pengembangan Flexy-Fuel Vehicle ini menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk menekan emisi karbon pada kendaraan."

Sementara itu, Toyota mencatat penurunan penjualan retail sebesar 8,9% year on year (yoy) hingga Agustus 2024 dengan total 192.047 unit. Meski demikian, pangsa pasar Toyota meningkat dari 31,7% pada periode sebelumnya menjadi 32,8% pada akhir Agustus 2024.

Baca Juga: Toyota Astra Motor Dukung Usulan Insentif PPnBM DTP Mobil Baru

Segmen MPV masih menjadi penyumbang terbesar bagi penjualan Toyota, dengan kontribusi 62,2% dari total penjualan. Model Avanza dan Veloz terjual sebanyak 44.000 unit, sementara Kijang Innova mencatat penjualan 43.000 unit hingga Agustus 2024.

Selanjutnya: Kinerja Solid ICBP Ditopang Bisnis di Timur Tengah & Afrika, Cek Rekomendasi Analis

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Alfamart Hanya 3 Hari Periode 20-22 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli