Toyota Beri Sinyal Bakal Rilis Model Baru Sebelum Tutup Tahun 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan terus berinovasi mengembangkan model baru untuk meramaikan pasar otomotif nasional yang persaingannya makin ketat.

Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pihaknya akan kembali menghadirkan model baru untuk para konsumen Indonesia pada kuartal IV-2024. 

"Kami akan meluncurkan model baru di segmen kendaraan komersial," kata dia dalam acara Astra Media Day 2024, Kamis (19/9).


Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) Makin Gencar Diversifikasi Bisnis

Sebagai pengingat, awal September 2024, Toyota telah merilis varian baru New Fortuner untuk memperkuat posisi merek asal Jepang ini di segmen SUV. Ketika GIIAS 2024 bulan Juli lalu, Toyota juga memperkenalkan All New Prius HEV.

Selain itu, Toyota juga terus melakukan riset dan pengembangan mobil berbasis teknologi flexy-fuel dengan menggandeng PT Pertamina (Persero). 

Mobil ini menggunakan bahan bakar berkelanjutan seperti bioetanol atau biodiesel dengan berbagai bahan baku yang ada di Indonesia seperti sorgum, jagung, tebu, dan lain-lain. Bahan bakar ini bisa dikombinasikan dengan teknologi mesin hybrid dan plug in hybrid.

Ketika GIIAS 2024 lalu, Toyota sudah mengenalkan mobil konsep Kijang Innova Zenix versi Flexy-Fuel.

Baca Juga: Toyota Raih Penjualan Retail 192.047 Unit Hingga Agustus 2024

"Pengembangan Flexy-Fuel Vehicle ini menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk menekan emisi karbon pada kendaraan," jelas Anton.

Sekadar catatan, Toyota mengalami penurunan penjualan retail (dealer ke konsumen) 8,9% year on year (yoy) menjadi 192.047 unit hingga Agustus 2024. Namun, pangsa pasar Toyota naik menjadi 32,8% pada akhir Agustus 2024, dari periode sebelumnya 31,7%.

Baca Juga: Pengguna Baru Moxa Melonjak 99% di Gelaran GIIAS 2024

Mayoritas penjualan retail Toyota berasal dari segmen MPV yakni 62.2% dari total penjualan merek tersebut. Model MPV yang berkontribusi besar bagi Toyota adalah Avanza dan Veloz sebanyak 44.000 unit serta Kijang Innova sebanyak 43.000 unit hingga Agustus 2024.

Selanjutnya: PLN Icon Plus Sabet Puluhan Penghargaan di The Best Contact Center Indonesia 2024

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (20/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli