Toyota Camry, mobil mewah paling banyak dicuri



NEW YORK. Sebanyak 800.000 kendaraan dicuri pada 2009. Statistik yang dipaparkan oleh FBI atas kejadian pencurian di Amerika Serikat (AS) itu sekaligus mencatat, total kerugian nasional yang diakibatkan mencapai US$ 5,2 miliar.

Di antara banyak mobil mewah, Toyota Camry adalah kendaraan yang paling banyak dicuri. Mungkin, alasannya adalah karena mobil ini terlalu banyak untuk dicuri. Gambarannya, dari 448.000 Camry yang diproduksi pada 2009, 781 di antaranya dibawa lari maling. Artinya, dalam 1.000 produksi, rasio yang dicuri mencapai 1,74%.

Meskipun mobil mewah ini dibuat di bawah model standar hingga diharapkan pencurian ini menurun, mobil ini tetap saja menarik pagi sang pencuri.


Karl Brauer, CEO mobil online review aggregator TotalCarScore.com, menilai ada dua alasan mengapa mobil mewah banyak dicuri. Pertama, "Model mewah dan premium biasanya dicuri oleh para maling spesial untuk diekspor. Mereka mengambil premi atas nilai domestik mobil," jelasnya lewat sebuah email.

Alasan kedua, jika tak diekspor, maka pencuri membongkar spare part mobil tersebut untuk dijual ke pasar gelap.

Sebenarnya, apa kriteria untuk mobil mewah? Ada tiga kriteria yang dijelaskan oleh Alec Gutierrez, senior analis otomotif Kelley Blue. Standar mewah secara tradisional adalah pertama, mobil itu diproduksi oleh Audi, BMW dan Mercedes Benz. Kedua, harga mobil tak kurang dari US$ 45.000 dan menawarkan perjalanan yang mulus, dalam artian tak berguncang keras saat kondisi jalan bergelombang.

Editor: