Toyota Teruskan Diskon Harga Mobil di AS



DETROIT. Toyota Motor Corp, rupanya, tak ingin pangsa pasarnya di Amerika Serikat (AS) terus tergerus setelah serangkaian recall produk mereka. Toyota memilih melanjutkan program diskon harga mobil selama tiga bulan ke depan di pasar AS.

Program diskon ini akan berlangsung hingga 1 Juni. Konsumen juga tak perlu membayar biaya servis mobil selama dua tahun. Tak hanya itu, pembeli mobil Toyota di AS juga mendapatkan fasilitas pembiayaan lima tahun tanpa bunga. Fasilitas ini berlaku untuk pembelian tujuh varian Toyota, termasuk sedan Camry dan Corolla.

Bob Carter, Group Vice President Toyota di AS, bilang, upaya ini untuk membangun kembali merek Toyota dan menghilangkan keraguan konsumen. "Kami harus menjaga produk kami tetap kompetitif," kata Carter.


Carter mengakui, penjualan Toyota bulan April di AS naik 24% dari tahun lalu berkat aneka insentif tersebut. Insentif ini juga mengerek penjualan Toyota di bulan Maret setelah anjlok di dua bulan pertama 2010.

Membeli pangsa pasar

Awal tahun ini memang menjadi masa berat bagi Toyota. Mereka harus me-recall delapan juta mobil karena isu keselamatan. Secara keseluruhan, dalam empat bulan ini, penjualan Toyota naik 12% dari periode yang sama 2009.

Namun, penjualan April lalu belum mampu membawa Toyota ke posisi jawara penjual mobil di AS. Dengan penjualan 157.439 unit, Toyota berada di peringkat tiga. Dua produsen mobil yang menjual lebih banyak adalah General Motors Co dengan penjualan 183.091 dan Ford Motor Co dengan penjualan sebanyak 167.542 unit.

Perusahaan tracking Edmunds.com menilai, insentif Toyota telah memecahkan rekor diskon bulan Maret, yakni mencapai US$ 2.750 per unit. Pada April, nilai diskon itu sedikit turun menjadi US$ 2.500 per unit.

Angka ini di bawah rata-rata diskon seluruh industri otomotif yang mencapai US$ 2.650 per unit. "Tampaknya, Toyota melanjutkan upaya mereka membeli market share," kata Aaron Bragman dari IHS Global Insight.

Carter bilang, program insentif akan terus berlaku dalam jangka pendek. Tapi, dalam jangka panjang, dia memastikan Toyota kembali ke kebijakan lama yang minim insentif. "Kami tengah berjuang untuk menghalau image negatif produk kami," kata Carter.

Pemberian diskon bukan monopoli Toyota. Chrysler Group LLC, memberikan insentif US$ 3.664 per unit. Ford Motor juga menambah insentif US$ 49 menjadi US$ 2.979 per unit. General Motors Co. memberikan insentif US$ 3.340 per unit.

Editor: Johana K.