KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (
EXCL) mencatat peningkatan trafik penggunaan data sebesar 16% sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2024 dibandingkan hari-hari biasa atau normal. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan seperti yang sudah diprediksi, pada masa liburan tahun ini akan terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan. "Di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi. Selain itu, kami melihat ada perpindahan masyarakat yang begitu dinamis," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (17/4).
Gede merinci selama periode Ramadan dan Lebaran di 2024, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%. Kemudian disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.
Baca Juga: Momentum Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut Jika dirinci lagi, pada layanan streaming, layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%. Kemudian aplikasi YouTube melonjak 17%, TikTok naik 14%, Netflix meningkat 42% dan Spotify tumbuh 23%. Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau petunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze melonjak 154% dibanding hari normal. Berdasarkan wilayahnya, Provinsi Jawa Tengah memimpin lonjakan paling tinggi dengan kenaikan sebesar 32%. Menyusul Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lampung dan Sumatera Barat masing-masing 21%, 19% dan 17%.
"Untuk trafik layanan di Jabodetabek mengalami penurunan sebesar 7%. Ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode lebaran," jelas Gede.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari